Home / Warta / Mancanegara / AS-Meksiko Capai Kesepakatan Dagang Dengan AS, Kanada?
Ilustrasi (telemundo.com)

AS-Meksiko Capai Kesepakatan Dagang Dengan AS, Kanada?

WASHINGTON, Waspada.co.id – Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan telah mencapai kesepatan yang baik dengan Meksiko dan akan segera berunding dengan Kanada terkait pakta perdagangan bebas kawasan tersebut.

“Ini sebuah hari yang besar untuk perdagangan. Ini benar-benar kesepakatan yang baik bagi kedua negara [AS dan Meksiko],” kata Trump dalam kicauannya di Twitter, Senin (27/8) malam waktu Indonesia.

“Kanada, kami akan segera memulai negosiasi. Saya akan menelepon Perdana Menteri mereka sesegera mungkin,” lanjutnya.

Negosiasi antara AS dan Meksiko telah berlangsung selama beberapa minggu terakhir menyepakati keinginan kedua negara dalam memperbaharui Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA) yang telah berusia 25 tahun. Di sisi lain, Kanada juga menunggu untuk kembali bergabung dalam perjanjian tersebut.

Walaupun Kanada memiliki peluang untuk bergabung dalam diskusi perjanjian trilateral tersebut dan dikuatkan oleh pernyataan Menteri Ekonomi Meksiko Ildefonso Guajardo, Trump tampaknya punya keinginan lain.

“Kita dapat memiliki kesepakatan yang terpisah atau kita menempatkannya dalam hal yang sama,” kata Trump. Trump pun menunjukkan akan kukuh pada tarif mobil dan susu dalam menghadapi Ottawa. Dua komoditas itu menjadi ketegangan antara negara tetangga tersebut.

Di sisi lain, Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto sebelumnya berbicara kepada Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau pada Senin (27/8) dan mendesak Ottawa segera bergabung dalam diskusi perundingan final NAFTA pada pekan ini.

“Saya menyatakan pentingnya mereka memasuki kembali proses ini dengan tujuan menyepakati perjanjian itu pada pekan ini,” kata Pena Nieto dalam kicauannya di Twitter. Dia mengatakan perjanjian dengan Meksiko adalah “baik untuk kedua belah pihak,”

Sedangkan Trump, mengatakan di Ruang Oval bersama Guajardo, Menteri Luar Negeri Meksiko Luis Videgaray, dan Perwakilan Perdagangan AS Robert Lighthizer, bahwa perjanjian antara AS dan Meksiko “dibuat lebih sederhana”.

Melalui sambungan telepon, Pena Nieto berterima kasih kepada Trump dan menyebut terobosan pada NAFTA sebagai “hal amat positif untuk AS dan Meksiko” dan menantikan perjanjian trilateral tersebut. Namun Trump mengatakan ia berkeinginan mengganti nama NAFTA dengan menyebut “nama itu memiliki konotasi buruk” karena AS sempat ‘sakit hati’ dengan perjanjian tersebut.

“Ini sesuatu yang amat spesial untuk industri dan petani kami,” kata Donald Trump. (wol/cnn)

Check Also

Bebaskan Pastor AS, Trump: “Terima Kasih Erdogan”

ANKARA, Waspada.co.id – Andrew Brunson, seorang pastor yang ditahan di Turki selama dua tahun terakhir, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: