Home / Warta / Mancanegara / AS Beri 2 Bulan Deadline Rusia Patuhi Kesepakatan Nuklir
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo (AP)

AS Beri 2 Bulan Deadline Rusia Patuhi Kesepakatan Nuklir

LONDON, Waspada.co.id – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo, Selasa (4/12), mengatakan Rusia punya waktu 60 hari untuk mematuhi kesepakatan senjata nuklir jarak menengah, atau Amerika akan menarik diri dari kesepakatan era Perang Dingin itu.

“Tidak masuk akal bagi Amerika Serikat untuk tetap dalam kesepakatan yang membatasi kemampuan respon terhadap pelanggaran-pelanggaran Rusia,” kata Pompeo kepada para wartawan di Brussels menyusul pertemuan dengan para menteri luar negeri NATO.

Pompeo memberi tahu para menteri luar negeri dalam pertemuan itu bahwa Amerika akan mulai proses yang akan berlangsung enam bulan dan meninggalkan Persetujuan Senjata Nuklir Jarak Menengah dalam kurun 60 hari karena adanya tuduhan pelanggaran oleh Rusia.

“Amerika dan sekutu NATO kami akan waspada supaya perilaku Rusia yang nyeleneh itu tidak akan ditolerir dalam lingkup pengendalian senjata atau dimana saja,” kata Pompeo.

Sebelumnya Rusia membantah pihaknya melanggar pakta nuklir bersejarah itu.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan kepada para wartawan bahwa Rusia tidak melanggar perjanjian itu dan jika Amerika Serikat terus mengembangkan rudal baru maka Rusia akan terpaksa menanggapi dengan langkah serupa. (voa/data2)

Check Also

Anugerahi Mantu Trump Penghargaan Tertinggi, Pemerintah Meksiko Banjir Kritik

MEXICO CITY, Waspada.co.id – Pemerintahan Meksiko yang akan digantikan mendapat kritik keras dari media sosial ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: