Breaking News
Home / Warta / Mancanegara / AS Bantah Donald Trump Telah Bocorkan Rahasia Kepada Rusia
Presiden AS Donald Trump (Foto: Reuters)
Presiden AS Donald Trump (Foto: Reuters)

AS Bantah Donald Trump Telah Bocorkan Rahasia Kepada Rusia

WASHINGTON DC, WOL – Gedung Putih membantah laporan yang menyebutkan Donald Trump membocorkan informasi rahasia kepada Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov.

Laporan tentang Trump mengungkapkan rahasisa intelijen kepada Lavrov itu disampaikan pertama kali oleh Washington Post.

“Berita yang muncul malam ini adalah berita yang salah,” kata HR McMaster, pejabat tinggi AS setingkat Menteri Koordinator Keamanan, seperti dilaporkan Reuters, Selasa (16/5).

Trump diberitakan telah mengungkapkan rahasia intelejen, yang bersumber dari badan intelijen negara sekutu, pekan lalu, saat bertemu Lavrov dan Duta Besar Rusia untuk AS, Sergei Kislyak.

“Pertemuan (antara Trump dengan Lavrov) sama sekali tidak membahas sumber maupun metode intelejen. Presiden tidak membocorkan rencana operasi militer apapun yang belum diketahui publik. Saya berada di ruangan itu,” kata McMaster.

Gedung Putih juga merilis pernyataan Menteri Luar Negeri AS, Rex Tillerson, yang mengatakan bahwa pertemuan di Oval Office, Gedung Putih, hanya berfokus pada upaya penanganan terorisme.

Namun demikian, bantahan tersebut tidak meredakan situasi panas di Parlemen AS. Anggota Senat dari Partai Demokrat, Dick Durbin, menyebut Trump telah “ceroboh” dan “berbahaya.”

Bob Corker, Keuta Komite Hubungan Internasional Senat, mengatakan, tudingan kepada Trump “sangat berhaya” jika itu benar.

Kontroversi terbaru ini terjadi saat Trump masih sibuk menangani kontroversi pasca-pemecatan Direktur FBI, James Comey, dan juga di tengah desakan parlemen untuk menggelar investigasi independen terkait dugaan keterlibatan Rusia dalam Pilres AS tahun lalu.

Salah satu sumber mengatakan bahwa Trump membuka dokumen dengan klasifikasi “Paling Rahasia” (Top Seret), yang disimpan dalam kompartemen. Hanya sedikit orang yang punya akses terhadap informasi intelijen tersebut. (kompas/ags/data2)

Check Also

(Foto: Iran Daily)

Warga Myanmar Persulit Bantuan Untuk Rohingya di Rakhine

SITTWE, WOL – Ratusan warga Myanmar mencoba menutup jalan pengiriman bantuan kepada masyarakat Rohingya di ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.