Home / Warta / Mancanegara / Arab Saudi Siapkan Kamar Kapsul Gratis selama Musim Haji
Foto: Kamar kapsul di Arab Saudi. (AFP PHOTO/AHMAD AL-RUBAYE)

Arab Saudi Siapkan Kamar Kapsul Gratis selama Musim Haji

Waspada.co.id – Konsep hotel kapsul di Jepang mulai diterapkan di Arab Saudi selama musim haji tahun ini. Berbeda dengan Jepang, kapsul di sini berupa kamar yang bisa digunakan secara horizontal maupun vertikal, demi menghemat luas ruangan.

Konsep kamar kapsul juga dirasa bakal mempermudah pendatang yang melaksanakan ibadah haji dengan biaya yang terbatas. Lokasi-lokasi hotel kapsul bisa dicari pendatang melalui aplikasi telepon genggam, yang juga memberikan informasi terkait penerjemah bahasa dan pusat kesehatan terdekat.

Mansour al-Amer, ketua Haji and Mutamer Gift Charitable Association, mengatakan kalau pihaknya menyediakan 18-24 kamar kapsul yang bisa digunakan secara gratis oleh para pendatang. Setiap kamar berdinding fibreglass, berukuran sepanjang tiga meter dan setinggi satu meter. Di dalamnya tersedia kasur, seprei bersih, AC dan kaca kecil.

Ada petugas kebersihan bakal yang selalu mengecek kondisi kamar kapsul agar tetap nyaman digunakan oleh penghuni selanjutnya. Kamar-kamar kapsulnya diimpor dari Jepang seharga US$1.114 (sekitar Rp1,6 juta) per unit.

Sebelumnya Amer telah mengetes pasar dengan mengoperasikan 12 kamar kapsul pada bulan Ramadan tahun ini. Ketika itu sebanyak 60 orang telah mencobanya.

“Kami pikir ini ide yang bagus untuk memberikan layanan sarat kenyamanan di tengah hiruk pikuk musim haji,” kata Amer.

Kamar kapsul menjadi terobosan dari Pemerintah Arab Saudi untuk yang pertama kalinya pada tahun ini. Mereka memang sedang giat melakukan modernisasi atas fasilitas dan layanan di musim haji yang biasanya didatangi oleh 2 juta orang dari berbagai belahan dunia setiap tahunnya.

Sebenarnya ada banyak tempat penginapan di Arab Saudi untuk menyambut pendatang haji, mulai dari yang berkonsep hostel sampai bintang lima. Namun konsep kamar kapsul dirasa bakal mempermudah pendatang yang melaksanakan ibadah haji dengan biaya yang terbatas. (wol, cnn/data1)

Check Also

Tuti Dieksekusi, 13 WNI Lain Masih Terancam Hukuman Mati di Saudi

RIYADH, Waspada.co.id – Usai eksekusi tenaga kerja asal Majalengka, Tuti Tursilawati, Kementerian Luar Negeri RI ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: