Home / Warta / Teknologi / Aplikasi Ini Bikin Baterai Smartphone Hemat Meski Dipakai Multitasking
ilustrasi android (Foto: Express)

Aplikasi Ini Bikin Baterai Smartphone Hemat Meski Dipakai Multitasking

WASPADA.co.id – Kapasitas daya menjadi salah satu hal yang patut diperhatikan dalam menggunakan smartphone.

Sayangnya, daya smartphone seringkali menurun saat pengguna memakainya secara multitasking.

Ambil contoh, saat pengguna menonton video streaming, dalam waktu yang bersamaan pengguna juga harus memakai aplikasi lain untuk chatting, atau juga mengirim email.

Penggunaan aplikasi multitasking ini tentu bisa menyedot daya secara berlebihan.

Celah tersebut dimanfaatkan oleh pengembang aplikasi menciptakan aplikasi yang bisa membuat daya smartphone menjadi lebih awet, meski perangkat digunakan dalam multitasking. Aplikasi tersebut bernama MultiDroid.

Dilansir Engadget, Jumat (17/8/2018), MultiDroid bisa digunakan untuk menghemat kinerja daya smartphone Android lebih baik hingga 30 persen, khususnya pada perangkat yang menggunakan layar OLED.

Cara kerja aplikasi ini juga terbilang unik. Saat penggunaan aplikasi multitasking berlangsung, aplikasi secara langsung akan menurunkan tingkat kecerahan layar tergantung dari aplikasi yang dipakai.

Misal, saat pengguna sedang menonton video di YouTube dan mencari informasi di browser secara split-screen, MultiDroid akan menurunkan tingkat kecerahan aplikasi browser. Otomatis, cara ini tentu akan menghemat daya baterai lebih baik.

MultiDroid belum tersedia secara publik untuk saat ini. Pengembang aplikasi tersebut juga tak mengungkap kapan MultiDroid meluncur.

Yang pasti, aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk smartphone Android dengan layar OLED dan memiliki fitur multitasking split-screen. (liputan6/data2)

Check Also

Cegah Lemot, Yuk Pantau Pemakaiaan Aplikasi di Smartphone Kita

Waspada.co.id – Banyaknya aplikasi dan file tentu saja membuat kinerja smartphone menjadi lemot. Tak jarang, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: