Breaking News
_
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / Anggaran Kementan dalam APBNP Rp32,8 T
Istimewa

Anggaran Kementan dalam APBNP Rp32,8 T

JAKARTA, WOL – Kementerian Keuangan mengeluarkan Budget in Brief APBN-P 2015. Dalam perubahan APBN ini, untuk menciptakan kedaulatan pangan, Kementerian Pertanian diberikan anggaran lebih yang didapat dari efisiensi belanja negara, dari perubahan kebijakan subsidi BBM.

Dari data yang ada, angka ini naik dari Rp15,9 triliun pada APBN 2015 menjadi Rp32,8 triliun dalam APBN-P 2015. Anggaran ini diarahkan untuk meningkatkan ketersediaan pangan yang bersumber dari produksi dalam negeri, didukung terbangunnya dan meningkatnya layanan irigasi.

Dalam data yang dilansir, beberapa pembangunan yang dianggarkan dalam APBN-P 2015 yaitu optimalisasi pemanfaatan lahan dengan tambahan sasaran 530 ribu ha sehingga mencapai 730 ribu ha, serta penyediaan pupuk dan benih untuk peningkatan produksi padi dan jagung yang sedianya hanya untuk Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT) seluas 885 ribu ha, diperluas menjadi 4 juta ha di luar lokasi PTT.

Kemudian, peningkatan produksi ikan untuk mencapai 13,6 juta ton yang ditekankan pada perbaikan kualitas produksi. Selain itu juga dianggarkan untuk peningkatan produksi gula melalui penyediaan benih tebu untuk seluas 12 ribu ha. Di sisi lain, ini juga digunakan untuk peningkatan produksi ternak melalui inseminasi buatan sebanyak 2 juta akseptor dan penyediaan bibit 1.200 ekor dan indukan 30 ribu ekor.

Beberapa pembangunan yang juga dilakukan demi terciptanya kedaulatan pangan adalah pengembangan tanaman hortikultura, khususnya cabai di 33 provinsi dan bawang merah di 25 provinsi, penyediaan alat mesin pertanian untuk mendukung produksi dan pasca panen sebanyak 49.200 unit, serta rehabilitasi dan pengembangan jaringan irigasi tersier 700 ribu ha. Terakhir, digunakan untuk pengembangan air tanah dangkal, air permukaan, embung, dan dam parit 23 ribu unit  serta pembangunan/rehabilitasi jalan usaha tani 9.400 km. (data2/wol)

Check Also

Gubsu Perintahkan SKPD Berikan THR dan Gaji Ketiga Belas PNS

MEDAN, Waspada.co.id – Gubernur Sumatera Utara melalui Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu) telah menyurati ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.