Home / Warta / Politik / Amien Disarankan Jangan Nyapres, Tapi Beri Dukungan ke Calon Alternatif
Amien Rais.

Amien Disarankan Jangan Nyapres, Tapi Beri Dukungan ke Calon Alternatif

agregasi

 

JAKARTA – Koalisi partai politik (parpol) pengusung Joko Widodo (Jokowi) di Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 dinilai tak perlu khawatir soal niat Ketua Dewan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais yang ingin maju sebagai calon presiden (capres) di Pemilu 2019.

“Tidak perlu (khawatir parpol koalisi Jokowi), bahkan seharusnya mendukung Amien untuk tetap maju, demi demokrasi,” kata Pengamat Politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio saat dikonfirmasi Okezone, Jakarta, Rabu 13 Juni 2018.

Hendri menilai, strategi politik Amien Rais untuk maju sebagai capres bukan langkah solutif untuk merebut kekuasaan di Indonesia. Lebih baik, kata dia, sosok politikus senior PAN itu mengarahkan partainya untuk mengusung sosok alternatif lainnya.

“Lebih baik Amien memberikan tabungan elektabilitasnya dan mengarahkan parpol pendukungnya pada calon alternatif yang kuat dan juga memiliki visi bagus bagi bangsa ini,” papar dia.

Amien Rais Angkat Bicara Soal Uang Rp600 Juta yang Disebut Jaksa KPK

Dengan memberikan dukungan ke sosok lain, langkah Amien Rais yang selalu mengkritisi pemerintahan Jokowi malah dinilai akan bisa merebut hati masyarakat. Apalagi, menurut Hendri, tingkat keterpilihan Amien Rais di rakyat tidak terlalu tinggi. “Cara ini akan lebih efektif dalam menghadapi elektabilitas Jokowi daripada Amien sendiri yang maju,” tutur dia.

Selain itu, sambung Hendri, Amien Rais memiliki pengalaman yang buruk saat maju sebagai capres. Mengingat, pada tahun 2004 silam, Amien gagal meraih posisi tersebut. Tak hanya itu, Hendri menyebut, niat Amien Rais maju sebagai capres lantaran terinspirasi dari Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohammad tidak tepat.

“Kansnya menangnya tidak besar bila Amien maju, tapi kalau mau coba ya boleh saja, namanya juga negara demokrasi,” tutup dia.

Check Also

Jokowi Bisa Jadi Lawan Kotak Kosong di Pilpres 2019

JAKARTA, Waspada.co.id – Direktur Eksekutif SMRC, Djayadi Hanan mengatakan secara normatif fenomena terjadinya calon petahana ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: