Home / Warta / Mancanegara / Amerika Tegur Rusia untuk Stop Gangguan Kapal-kapal ke Ukraina
Para nelayan Ukraina memasang bendera Ukraina di kapal mereka setelah AL Rusia memblokade perairan setempat (ilustrasi Reuters).

Amerika Tegur Rusia untuk Stop Gangguan Kapal-kapal ke Ukraina

WASHINGTON, Waspada.co.id – Pemerintahan Trump memberitahu Rusia Kamis (30/8), agar menghentikan, apa yang diyakini adalah gangguan terhadap kapal-kapal pelayaran internasional di Laut Azov dan Selat Kerch, katanya tindakan yang dituduhkan pada Moskow itu merupakan upaya untuk memperlemah ekonomi Ukraina.

“Tindakan Rusia yang menghambat transit kelautan merupakan contoh dari kampanye Rusia untuk memperlemah dan men-destabilisasikan Ukraina, serta juga ketidak-acuhan Rusia pada norma-norma internasional,” kata juru bicara Deplu Amerika, Heather Nauert, dalam sebuah pernyataan.

Amerika menuduh Rusia menghambat pelayaran kapal-kapal komersial sejak April, dan menghentikan paling sedikit 16 kapal komersial sehingga tidak bisa mencapai pelabuhan Ukraina.

Hubungan antara Rusia dan Ukraina telah memburuk sejak Moskow secara ilegal melakukan aneksasi kawasan Krimea milik Ukraina, dan memicu konflik antara separatis pro-Rusia dan pasukan Ukraina di Ukraina timur sejak 2014.

Presiden Ukraina Petro Poroshenko memperingati hari kemerdekaan Ukraina minggu lalu dan mengumumkan, negaranya telah memutuskan semua hubungan dengan Rusia.

Kremlin tidak segera menanggapi tuntutan Amerika itu. (wol/voa)

Check Also

AS Ragukan Perjanjian Nuklir dengan Rusia

WASHINGTON, Waspada.co.id – Pelanggaran-pelanggaran pengawasan senjata Rusia dan kegiatan-kegiatan yang bersifat jahat lainnya mengikis keyakinan dan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: