Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Alasan Presiden Jokowi Izinkan Gloria Masuk Tim Penurunan Bendera

Alasan Presiden Jokowi Izinkan Gloria Masuk Tim Penurunan Bendera

agregasi
agregasi

 

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi izin Gloria Natapradja Hamel menjadi bagian dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tim Bima, yang bertugas menurunkan bendera nanti sore.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan keputusan itu diambil setelah mempertimbangkan nasionalisme Gloria.

Sebelum ini diketahui Gloria sempat menulis surat kepada Jokowi yang menyatakan dirinya memilih sebagai WNI, meski berayah warga negara Prancis.

“Melihat nasionalisme Gloria, keinginnanya, kecintaannya dan juga kalau lihat bagaimana akhirnya kemudian dia tetap berharap. Menurut saya karena ini masih anak yang tumbuh dan negara juga memberikan ruang untuk itu,” kata Pramono di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8/2016).

Ia melanjutkan baik Jokowi maupun Wapres Jusuf Kalla sangat memperhatikan suara Gloria untuk tetap bertugas menjadi pengibar bendera. Karenanya, semua pihak termasuk Panglima TNI, Menpora, dan Menkumham diminta untuk mencari jalan keluar.

“Juga Presiden dan Wapres sangat konsen terhadap hal tersebut maka panglima TNI, kemudian Menpora, diminta untuk ada jalan keluar untuk hal tersebut. Kemudian Menkumham juga melihat ternyata bisa, nanti kita lihatlah,” jelas Pram.

Menurutnya, satu-satunya kesalahan yang dilakukan pihak Gloria adalah tidak mendaftarkan kewarganegaraannya ke Kementerian Hukum dan HAM, paling lambat 2010. Hal itu seperti ketentuan Undang-Undang Kewarganegaraan tahun 2006.

“Ada perbedaan yang mendasar ya, Gloria masih 16 tahun, undang-undang kita mengatur bahwa yang masih di bawah 18 tahun itu bisa memilih kewarganegaraannya sendiri. Tapi kesalahannya adalah orang tuanya harus pada 2010 itu mengaplikasikan hal tersebut tapi tidak dilakukan, tetapi ini kan bukan kesalahan Gloria,” papar dia.

Check Also

Usai Dilantik, KPK Beri Wejangan Cegah Korupsi ke Gubernur Baru

JAKARTA, Waspada.co.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberikan wejangan pencegahan korupsi kepada gubernur dan wakil ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: