Home / Warta / Indonesia Hari Ini / “Aksi TNI Bantu Warga Asmat Bukan Pencitraan”
foto: merdeka

“Aksi TNI Bantu Warga Asmat Bukan Pencitraan”

JAKARTA, WOL – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melepas 260 personel pasukan satuan tugas kesehatan (Satgaskes) yang akan bertugas di Papua, di Lanud Halim Perdanakusuma, Kamis (25/1). Satuan tugas ini merupakan perintah Presiden Joko Widodo untuk menanggulangi wabah penyakit campak di Asmat, Papua.

Marsekal Hadi mengamanatkan para pasukannya untuk bekerja dengan profesional. Hadi mengingatkan tugas mulia ini tak dinodai dengan tujuan untuk pencitraan.

“Perlu diingatkan kehadiran kita dan instansi lainnya demi membantu saudara kita yang tertimpa kemalangan, dan bukan untuk mencari panggung pencitraan,” ujar Hadi ketika apel pelepasan pasukan di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (25/1).

Mantan Kasau ini mengingatkan pula kepada Komandan Satuan Tugas agar menjaga kerawanan dan keamanan di wilayah. Dia tidak ingin tugas menolong ini, malah membuat masalah baru.

“Jangan sampai kehadiran yang seharusnya memberikan bantuan, justru menimbulkan masalah baru,” kata Hadi.

Hadi juga memerintahkan para personel yang bertugas agar segera beradaptasi dengan lingkungan adat dan tokoh setempat. Para pasukan harus peka terhadap nilai adat istiadat setempat, agar tidak terjadi pergesekan.

“Saya perintahkan kepada Satgas Kesehatan yang terlibat untuk secara peka memperhatikan adat istiadat dan kebiasaan yang berlaku di wilayah setempat,” ujarnya.

Satgaskes ini akan bertugas sepanjang tahun di wilayah Asmat, Timika, Papua dan Papua Barat. Setiap 9 bulan akan dirotasi sampai wilayah tersebut bebas dari wabah. Tenaga medis dikerahkan dari dokter spesialis, serta paramedis dari Puskes TNI, Puskes TNI AD, Diskes TNI AL, dan Diskes TNI AU.

Sebelumnya, wilayah Asmat, Papua, dilanda wabah penyakit campak juga gizi buruk. Akibatnya, puluhan anak di sana meninggal dunia. Presiden Joko Widodo langsung memerintahkan Panglima TNI juga Kapolri untuk mengutus pasukan menangani wabah tersebut. (merdeka/ags/data1)

Check Also

Besuk Azizah, Evi Diana Erry Nuradi Teteskan Air Mata

DELISERDANG, WOL – Azizah br Sinaga berusia 10 tahun sudah hampir satu bulan terbaring lemah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: