Home / Warta / Politik / Akbar Tanjung Minta Novanto Tidak Terburu Dukung Jokowi di Pilpres 2019
Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar Akbar Tandjung./Istimewa

Akbar Tanjung Minta Novanto Tidak Terburu Dukung Jokowi di Pilpres 2019

JAKARTA, WOL – Anggota Dewan Kehormatan Partai Golkar Akbar Tanjung meminta Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto tidak buru-buru memutuskan untuk mendukung Joko Widodo di Pemilu Presiden 2019.

Akbar menyarankan agar Golkar lebih dulu memikirkan persiapan jelang pemilihan kepala daerah serentak 2017 karena waktunya lebih dekat.

“Saya pikir sih kita konsolidasi dulu, persiapkan pilkada serentak 2017 dan pilkada serentak 2018. Barulah 2019 kita bicara pileg dan pilpres,” kata Akbar saat dihubungi, Minggu (22/5).

Keputusan untuk mendukung capres juga harus dibicarakan oleh semua pihak di internal Golkar. Keputusan tidak bisa diambil dan berdasarkan keinginan Novanto pribadi.

“Diajak DPD I dan II dan kalau sudah waktunya diadakan rapimnas,” kata Akbar.

Akbar mengatakan, Novanto memang boleh saja mengutarakan pendapat pribadinya di media. Namun, sebisa mungkin Novanto memisahkan isu yang bisa ditanggapi dengan penilaian pribadi dan isu yang harus ditanggapi secara kolektif.

“Kalau keputusan kolektif tak diproses dalam mekanisme formal orang bisa menyebut itu ada kepentingan dan akan mengganggu soliditas partai,” ucap Akbar.

Setelah terpilih sebagai Ketua Umum Partai Golkar beberapa waktu lalu, Novanto menyatakan bahwa partainya siap mendukung Presiden Joko Widodo jika ingin mencalonkan diri kembali sebagai presiden pada Pilpres 2019.

“Sepanjang rakyat mendukung Jokowi untuk menjadi presiden, saya selaku Ketua Umum Partai Golkar, saya akan mendukung dan membela Jokowi,” kata Novanto di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (19/5).

Golkar telah menyatakan dukungan kepada pemerintah. Bahkan, pada penyelenggaraan Musyawarah Nasional Luar Biasa Golkar, partai tersebut menyatakan keluar dari Koalisi Merah Putih (KMP).(kompas/data2)

Check Also

Makna Filosofi Gelar Tuanku Sri Indra Utama Junjungan Negeri Yang Disandang Jokowi

MEDAN, Waspada.co.id – Pemberian gelar adat Melayu kepada Presiden Jokowi di Istana Maimun Medan, Jalan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: