Home / Warta / Mancanegara / Afganistan Tolak Pembicaraan Damai di Moskow
Presiden Afghanistan Ashraf Ghani berbicara di Kabul soal pembicaraan damai dengan Taliban (foto: dok AFP).

Afganistan Tolak Pembicaraan Damai di Moskow

KABUL, Waspada.co.id – Pemerintah Afghanistan yang didukung AS mengumumkan, Rabu, menolak rencana menghadiri konferensi banyak negara di Rusia mengenai masa depan Afghanistan, yang kemungkinan juga dihadiri perwakilan Taliban.

Selain Kabul dan Taliban, Moskow telah mengundang 11 negara regional penting, termasuk China, Pakistan dan Iran, untuk berpartisipasi dalam pertemuan 4 September di ibukota Rusia itu.

baca: Istana Kepresidenan Afganistan Dihujani Roket saat Sholat Idul Adha

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Afghanistan, Sibghatullah Ahmadi, mengukuhkan kepada VOA hari Rabu (22/8) bahwa pemerintahnya memutuskan untuk tidak mengirim delegasi ke pembicaraan di Rusia itu, tapi tidak mengungkapkan alasannya.

Para pejabat Afghanistan dilaporkan marah karena Moskow tidak berunding dengan mereka terlebih dahulu sebelum mengundang Taliban.

baca: Perayaan Idul Adha, Roket-Roket Hantam Kabul

Ahmadi tidak mengukuhkan laporan itu, namun mengatakan bahwa pemerintah Islam Afghanistan harus menjadi titik fokus perkembangan yang terjadi di dunia mengenai Afghanistan.

Ia menegaskan Kabul memiliki hubungan baik dengan Moskow dan kedua negara selalu saling berkonsultasi mengenai semua isu, khususnya yang terkait dengan proses perdamaian dan rekonsiliasi yang dipimpin pemerintah Afghanistan. (wol, voa)

Check Also

Rusia Kirim Armada Kapal Perang Terbesar ke Suriah

DAMASKUS, Waspada.co.id – Rusia dikabarkan mengirim armada kapal perang terbesar ke Suriah. Surat kabar Izvestiya ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: