_
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / Abaikan Tilang Elektronik, STNK Siap-Siap Kena Blokir
foto: antara

Abaikan Tilang Elektronik, STNK Siap-Siap Kena Blokir

JAKARTA, Waspada.co.id – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memblokir 800 surat tanda nomor kendaraan (STNK). Hal itu merupakan lanjutan dari penerapan program Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik di Jakarta.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Yusuf, menekankan pemblokiran dilakukan lantaran pemilik STNK tidak memberikan respons terhadap surat tilang yang telah dikirimkan dalam jangka waktu tertentu.

“Karena mereka tidak respons. Mereka melanggar, ter-capture, dikirim surat tidak respons. Ada juga yang respons tapi dia tidak menindaklanjuti dengan membayar tilang, ya kita blokir juga,” kaya Yusuf di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (20/1).

Dengan begitu, Yusuf memastikan pemilik kendaraan tidak bisa memperpanjang masa berlaku STNK dan juga pembayaran pajak. Pasalnya, pengendara harus mengurus pembukaan blokir itu.

“Karena mereka harus buka blokirnya. Untuk buka blokir ya dengan bayar denda tilangnya,” tutur Yusuf.

Sejak diberlakukan pada 1 November 2018, sudah ada 1.500 lebih kendaraan yang ditilang secara elektronik. Para pengendara yang tertangkap kamera melanggar aturan lalu lintas kemudian dikirim surat tilang ke rumahnya berdasarkan alamat yang tertera di STNK.

“Ada 1.500 lebih. Tapi kan ini ada waktu, ada tahapan konfirmasi tiga hari, tilang lima hari sampai ditunggu tujuh hari menunggu respons. Kalau dalam waktu tertentu tidak ada konfirmasi, ya kita blokir,” tutup Yusuf. (wol/aa/okz/data2)

Editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

“Polisi Harus Gandeng Orangtua, Tokoh Agama, dan Masyarakat Tertibkan Geng Motor”

MEDAN, Waspada.co.id – Polisi harus melibatkan orang tua, tokoh agama dan masyarakat untuk menertibkan geng ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.