Home / Warta / Indonesia Hari Ini / 814 Gempa Susulan Guncang Lombok, 33 Kali Berkekuatan Cukup Besar
Ilustrasi

814 Gempa Susulan Guncang Lombok, 33 Kali Berkekuatan Cukup Besar

agregasi

 

JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat sudah 814 gempa susulan mengguncang Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), hingga sore ‎ini. Sementara itu, gempa yang dirasakan cukup besar yakni sebanyak 33 kali.

“Ada 814 gempa susulan sejak 5 Agustus lalu, atau sejak terjadinya gempa Magnitudo 7,0. Dan gempa yang dirasakan terakhir adalah 33 kali.‎ Termasuk dua gempa tadi siang,” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di kantornya, Jalan Angkasa 1, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (19/8/2018).

Menurut Dwikorita, dua gempa susulan berkekuatan cukup besar yang terjadi pada siang ini dirasakan hingga ke hampir seluruh daerah di NTB. Tak hanya itu, sambung Dwikorita, gempa juga dirasakan tapi dalam skala kecilke derah Denpasar, Bali.

gempa

‎‎”Setelah kami prediksi, kami cocokan di lapangan, laporan masyarakat, dapat kami sampaikan, gempa susulan terakhir ini menimbulkan dampak guncangan di Lombok Utara, di Mataram 3-4 MMI, di Lombok Tengah, Barat, Timur, Sumbawa dengan skala 3 MMI, Denpasar dan Waingapu skala 2 MMI,” terangnya.

Meskipun dirasakan cukup kuat di berbagai daerah di Lombok, Dwikorita memastikan bahwa, dua gempa berkekuatan besar tersebut tidak menimbulkan tsunami.‎ “Dari hasil pemodelan, gempa itu tidak berpotensi tsunami,” pungkasnya.

Check Also

Penggunaan Dana Bantuan Gempa Lombok Akan Dipantau

JAKARTA, Waspada.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan bantuan untuk para korban gempa Lombok, NTB ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: