Home / Warta / Teknologi / 6 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Mobil
Ilustrasi

6 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Mobil

Waspada.co.id – Riset sebelum menentukan dan membeli mobil baru menjadi hal yang paling penting. Sebab saat riset, otolovers bisa tahu tentang keunggulan mobil dan harga yang sesuai budget.

Mengutip Auto2000, ada beberapa tips yang perlu dilakukan jika Otolovers ingin membeli mobil baru, apa saja?

1. Pilih Model
Jika Otolovers datang ke pameran otomotif, jangan gegabah untuk memilih tanpa membawa referensi mobil yang akan dibeli. Bisa-bisa Otolovers akan berubah pikiran dan mengacaukan rencana keuangan keluarga. Ada baiknya Otolovers dahulu mengenai informasi seluruh model mobil yang baru diluncurkan.

2. Budget
Langkah terpenting ialah menentukan keuangan keluarga ke depan. Pastikan model baru yang mau dibeli sesuai dengan rencana keuangan. Jika Otolovers memutuskan untuk membeli mobil secara kredit. Itu artinya, Otolovers punya kewajiban rutin mencicil setiap bulan selama sekian tahun.

Padahal di kurun waktu tersebut, juga mesti menyiapkan dana untuk keperluan lain yang sudah pasti, seperti bayar uang masuk anak sekolah. Belum lagi kalau ada pengeluaran tak terduga. Disarankan, jumlah cicilan per bulan tidak boleh lebih dari 30 persen dari pendapatan bulanan. Itupun sudah termasuk pembayaran cicilan lain seperti tagihan cicilan rumah dan kartu kredit.

Pertimbangkan juga down payment alias DP, yang akan dibayarkan. Semakin besar DP akan meringankan beban bulanan ke depan. Namun juga membuatmu harus siap dana besar di awal.

3. Window Shopping
Pelajari lebih jauh mobil incaranmu ya, baik dari segi model, fitur, dan aspek-aspek penting lainnya. Biasanya, otolovers akan ditemani oleh tenaga sales dari dealer yang ikut serta.

4. Test Drive
Jika mencari mobil baru di pameran seperti GIIAS beberapa waktu lalu, usahakan bisa menjajalnya terlebih dulu. Persiapan SIM A yang masih berlaku sebagai syarat utama. Patuhipula aturan yang telah ditetapkan oleh pihak penyelenggara.

manfaatkan secara maksimal waktu yang tersedia untuk menguji performa mobil tersebut. Cobalah fitur-fitur yang disediakan dan rasakan benefitnya. Pastikan mendapatkan info detil mengenai produk mobil yang dicoba.

5. Family Meeting
Berdasarkan semua informasi yang didapat, Otolovers bisa melakukan diskusi bersama keluarga. Minta saran anggota keluarga lain mengenai produk mobil yang diincar. Hitung ulang mengenai budget berdasarkan data yang diberikan oleh sales. Jangan menjadi emotional buyer dan fokus untuk menjaga kesehatan keuangan keluarga.

6. Transaksi Pembelian
Setelah didapatkan kesepakatan mengenai mobil yang akan dibeli, kontak wiraniaga yang membantu saat window shopping. Hitung kembali biaya yang harus dikeluarkan, terutam akalau membeli secara kredit. Minta buatkan simulasi yang jelas dan detail supaya benar-benar paham setiap rupiah yang dikeluarkan.

Tanyakan kembali kalau masih ada yang belum opaham mengenai kewajiban otolovers sebagai pembeli mobil. Terutama menyangkut kewajiban di keumudian hari jika ada masalah. Bila semua hal sudah dipahami dan tidak ada maslaah, bisa dilanjutkan dengan SPK dan pemenuhan kewajiban awal. Pastikan otolovers mendapatkaninvoice yang benar sebagai bukti pembayaran yang sah.

Nah Otolovers pertimbangan itu perlu dilakukan saat akan membeli mobil baru ya. Otolovers tak mau kan kecewa di kemudian hari? (liputan6/data1)

Check Also

Riset Generasi Baru, Avanza Ambil Masukan Konsumen Tanah Air

Waspada.co.id – Generasi terbaru Avanza adalah salah satu produk yang digadang-gadang bakal hadir dalam waktu dekat. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: