Home / Warta / Mancanegara / 5 Hal Kapal Penghancur Terbesar Asia Milik China, Apa saja?
Foto: Cina uji kapal induk kedua CV 17 Type 001A Shandong. (Global Security)

5 Hal Kapal Penghancur Terbesar Asia Milik China, Apa saja?

BEIJING, Waspada.co.id – Pemerintah China sedang membuat empat kapal penghancur Tipe 055, yang dilengkapi dengan rudal terpandu. Sebelumnya, seperti dilansir Reuters, negara komunis ini telah meluncurkan empat kapal penghancur tipe yang sama dalam 13 bulan terakhir.

“Kedelapan kapal penghancur ini mendapat julukan kapal penghancur terbesar dan tercanggih Asia,” begitu dilansir media SCMP pada Senin, 6 Agustus 2018.

Kapal penghancur ini memiliki tugas melindungi kapal induk dari serangan musuh selain menjaga kawasan laut yang luas. Saat ini, China telah memiliki satu kapal induk yang diperoleh dari Ukraina dan telah dibangun ulang. Sebuah kapal induk lainnya yang seratus persen dibuat domestik sedang dalam pengerjaan.

Kapal penghancur Tipe 055 ini bertugas dalam gugus tempur. Berikut ini 5 hal mengenai kapal penghancur kedua terkuat di dunia setelah kapal perang AS DDG-1000 atau Zumwalt Class milik AS:

  1. Ukurannya mendekati ukuran kapal penjelajah

Kapal penghancur Tipe 055 ini bertugas menjadi penjaga utama kapal induk milik China saat pertempuran terjadi. Panjangnya 180 meter dan lebar 20 meter. Kapal ini dilengkapi berbagai sistem senjata canggih seperti sistem antiserangan udara, antiserangan kapal dan antiserangan kapal selam. “Ini peralatan tempur yang menakutkan dan canggih,” begitu dilansir SCMP.

Militer AS memasukkan kapal penghancur Tipe 055 ke dalam kategori kapal penjelajah. Ini berarti ini kapal tempur paling besar setelah kapal induk.

  1. Terkuat kedua di dunia

Kapal penghancur Tipe 055 ini memiliki sistem peluncuran vertikal rudal canggih yang tidak dimiliki kapal sejenis dari berbagai negara. Sistem ini dikabarkan berukuran lebih besar dibandingkan fasilitas sejenis di kapal perang AS.

Sistem peluncur vertikal ini digunakan untuk menembakkan rudal permukaan ke udara HHQ-9, rudal jelajah antikapal  YJ-18, rudal jelajah CJ-10 untuk serangan darat, dan torpedo antikapal selam. Kapal penghancur ini juga mampu membawa dua helikopter antikapal selam, sebuah pistol berukuran raksasa 130 milimeter dan sistem senjata untuk pertempuran jarak dekat.

Kapal ini memiliki sistem deteksi radar X band dengan empat layar aktif, dan sebuah sistem terintegrasi mirip Aegis yang dikembangkan Angkatan Laut AS. Analis militer mengatakan kapal besar ini bisa dipasangi sistem senjata terbaru laser dan railgun.

  1. Masih di bawah kapal penghancur AS Zumwalt Class

Teknologi kapal penghancur China yaitu Tipe 055 masih kalah dari teknologi kapal penghancur AS Zumwalt class. Kapal Zumwalt memiliki sisi miring ke dalam yang membuatnya memantulkan sinyal radio dari radar sehingga membuatnya nyaris siluman. Kapal ini bakal terlihat seperti kapal ikan di layar radar. Dan suaranya juga lebih sunyi dibandingkan kapal selam kecil.

Zumwalt juga memiliki sistem elektronik dan digital tercanggih sedunia. Kapal ini memang didesain tidak hanya untuk pertempuran laut tapi justru untuk menggempur pasukan darat musuh dari laut. Ini membuat kapal dilengkapi dengan 155 milimeter advanced gun system dan sistem peluncuran vertikal rudal di sekitar tubuhnya.

Sebaliknya, Tipe 055 lebih fokus pada sistem pertahanan dari serangan udara dan kapal selam sehingga memiliki rudal lebih banyak dan jangkauan jelajah kapal lebih jauh dibandingkan Zumwalt class.

  1. Mampu berkompetisi dengan kapal perang di Asia

Kapal penghancur Tipe 055 ini bisa berperan seperti kapal perang jelajah AS Ticonderoga class dan kapal penghancur Arlegih Burke class, yang secara umum berukuran lebih kecil.

Kapal penghancur Tipe 055 ini dibandingkan dengan kapal perang Sejong the Great class dari Korea Selatan, dan kapal penghancur Atago class dan Maya class dari Jepang.

  1. Nama yang unik

Salah satu kapal penghancur Tipe 055 ini bakal diberi nama Lhasa, yang merupakan ibu kota Tibet. Tujuh kapal lainnya kemungkinan bakal mendapat nama ibu kota dari kota-kota besar di China. (wol, tempo/devi)

Check Also

Penuhi Kebutuhan Berinternet, “Worry Free” Kuota Unlimited Full 4G

MEDAN, Waspada.co.id – Melihat banyaknya pilihan paket yang dapat membingungkan pelanggan di pasar, PT. Smartfren ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: