Home / Warta / Teknologi / 5 Aplikasi Android Ini Sebaiknya Jangan Pernah Diinstal Ke Smartphone
ilustrasi android (Foto: Express)

5 Aplikasi Android Ini Sebaiknya Jangan Pernah Diinstal Ke Smartphone

WASPADA.co.id – Tersedia berbagai jenis aplikasi Android yang bisa kamu instal kapan pun sesuai dengan kebutuhanmu. Namun, ada baiknya untuk tidak menginstal beberapa aplikasi yang sebenarnya tidak benar-benar kamu perlukan. Artinya, sebenarnya aplikasi tersebut tidak berfungsi dan tidak membawa dampak atau pengaruh apa pun terhadap performa smartphone.

Bahkan ada beberapa aplikasi yang ternyata malah memakan banyak memori serta menguras baterai lho. Aplikasi seperti itulah yang harusnya kamu hindari dan jangan pernah kamu instal. Selain itu, wajib berhati-hati saat akan menginstal aplikasi dari pihak ketiga karena biasanya aplikasi tersebut telah disisipkan malware yang jelas akan merugikanmu.

Jikapun ingin menginstal aplikasi dari pihak ketiga, sebaiknya download aplikasi tersebut dari sumber terpercaya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Sebenarnya masih banyak jenis aplikasi yang sebaiknya tidak kamu instal. Nah, kali ini Jaka akan ulas 5 jenis aplikasi Android yang sebaiknya jangan pernah kamu instal. Simak ya!

1. Flashlight
Aplikasi ini memungkinkan kamu mengubah lampu LED flash menjadi senter yang bisa digunakan saat kondisi gelap. Beberapa tahun yang lalu aplikasi ini memang sangat berguna karena banyak smartphone Android yang belum didukung dengan kemampuan LED flash yang mumpuni. Namun, untuk sekarang aplikasi seperti tak perlu lagi kamu gunakan karena memang saat ini hampir semua smartphone telah dibekali kemampuan LED flash yang multifungsi. Terlebih banyak dari aplikasi senter tersebut yang membawa iklan-iklan yang tak berguna, hal tersebut jelas akan merugikan karena perlahan akan menguras kuota internet dan baterai.

2. Keyboard
Banyak dari penggunaan smartphone baik Android maupun iOS yang memilih menggunakan keyboard dari pihak ketiga dengan alasan tampilan yang leboh menarik dan kaya akan fitur. Namun, di luar alasan tersebut, ada satu hal yang harus kamu perhatikan saat akan memutuskan untuk mengganti keyboard bawaan dengan keyboard dari pihak ketiga.

Yang paling utama adalah masalah privasi dan keamanan karena setiap yang kamu ketik dapat terekam secara otomatis, seperti password, pesan pribadi, dan lain sebagainya. Jikapun kamu ingin mengganti keyboard bawaan dengan keyboard dari pihak ketiga, maka pilihlah keyboard yang direkomendasikan dan memiliki reputasi positif. Hal tersebut tentu saja berguna untuk menjaga seluruh privasimu agar tetap aman.

3. Game-Game Gratis
Di balik game-game yang bisa kamu download secara gratis, ada ribuan iklan yang siap menganggu kamu saat bermain. Selain alasan iklan yang menjengkelkan, ada juga alasan lain seperti memakan banyak RAM, menguras baterai hingga pembelian item tertentu yang secara otomatis memaksa kamu untuk melakukan pembelian jika ingin terus bermain. Jadi game gratis adalah taktik halus developer untuk memaksa kamu melakukan pembelian untuk menghilangkan iklan maupun pembelian berbagai item.

Menurut laporan dari The New York Times, pada akhir 2017 lalu ada ratusan game di Google Play dan App Store yang disusupi software bernama “Alphonso”, yakni sebuah alat yang digunakan oleh pengiklan untuk menggunakan mikrofon ponsel Anda untuk mengambil suara dari acara TV apa yang kamu tonton. Kemudian mereka akan memunculkan iklan-iklan tersebut dalam game yang kamu mainkan.

4. Antivirus
Kehadiran aplikasi antivirus di Android maupun iOS sebenarnya sama sekali tidak berguna. Terlebih dalam perangkat iOS sudah dibekali sistem keamanan yang mumpuni sehingga sangat sulit dibobol oleh berbagai virus. Namun, bagi kamu yang memiliki perangkat Android yang sudah di-Root, maka penggunaan anti virus ini sedikit membantu untuk mengamankan perangkat kamu dari serangan berbagai malware. Berbagai antivirus tersebut juga secara diam-diam akan mengumpulkan data pengguna dan juga menguras baterai serta memori.

5. Aplikasi Loyalitas
Aplikasi loyalitas ini biasanya banyak ditawarkan oleh restoran, toserba, dan lain sebagainya kepada para konsumen untuk menjadi member dengan iming-iming diskon yang melimpah. Namun, nyatanya aplikasi tersebut malah dapat membawa dampak buruk karena kerap dimanfaatkan oleh para hacker untuk mencuri berbagai data dari para pelanggan seperti kartu kredit, debet, dan lain sebagainya untuk kemudian membobol rekening kamu.

Itulah 5 jenis aplikasi Android yang sebaiknya jangan pernah kamu instal. Selain alasan privasi serta keamanan, alasan lainnya adalah karena berbagai aplikasi tersebut juga akan membuat smartphone kamu akan berjalan semakin berat dan menguras baterai. (jalantikus/data2)

Check Also

Resmi Meluncur, Ini Harga Motorola P30

Waspada.co.id – Motorola P30 resmi meluncur yang disebut-sebut mirip dengan iPhone X dan Huawei P20. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: