Home / Warta / Politik / 40 Berkas Anggota Dewan Baru Malang Sudah Lengkap, Lusa Siap Dilantik
Foto Ilustrasi Okezone

40 Berkas Anggota Dewan Baru Malang Sudah Lengkap, Lusa Siap Dilantik

agregasi

 

KOTA MALANG – Pergantian antar waktu (PAW) kepada 41 anggota dewan Kota Malang yang tersangkut kasus suap APBD-P Kota dipastikan akan dipercepat dalam dua hari terakhir ini.

Komisioner KPU Kota Malang Bidang Sosialisasi dan Humas, Ashari Husein mengungkapkan tim Satgas PAW Kota Malang telah bekerja secara maraton selama 2 hari guna penyelesaian berkas tersebut.

“Total keseluruhan masuk 40 berkas pergantian antar waktu dari semua parpol di DPRD Kota Malang. Hari ini sudah dibawa ke Gubernur untuk pengesahan dan pemberian SK guna pelantikan,” kata Ashari Husein di Kantor KPU Kota Malang, Sabtu (8/9/2018).

Dari 40 berkas calon anggota dewan baru hasil PAW, semuanya sudah memenuhi persyaratan sebagaimana ditentukan oleh Surat Keputusan (SK) dari Gubernur Jawa Timur, Soekarwo.

Dari 40 orang yang akan dilakukan PAW, terdiri dari 9 orang dari PDI-P, PKB sebanyak 5 orang, Partai Golkar sebanyak 5 orang, Partai Demokrat sebanyak 5 orang, Partai Gerindra sebanyak 4 orang, PKS sebanyak 3 orang, PPP sebanyak 3 orang, Partai Hanura sebanyak 2 orang, PAN sebanyak 3 orang, dan Partai Nasdem sebanyak 1 orang yang rencananya dilantik Senin pekan depan (10/9/2018).

“Semuanya sudah memenuhi syarat untuk pergantian antar waktu,” ujar Ashari.

korupsi

Di sisi lain, Plt Ketua DPRD Kota Malang, Abdurrohman mengaku secara intensif melakukan koordinasi dengan Satgas Percepatan PAW di Provinsi. 40 Anggota DPRD dipastikan akan dilantiknya, dengan dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur.

“Sudah ditandatangani Gubernur tadi, Insya Allah Pakde Karwo datang dan memberikan sambutan,” terangnya.

Perlu diketahui, sesuai aturan tata tertib (Tatib) anggota dewan, pembahasan APBD-P 2018 dan APBD 2019 terpaksa tak bisa terlaksana lantaran hanya tersisa 5 orang pasca ditahannya 41 orang.

Alhasil Menteri Dalam Negeri (Mendagri) mengeluarkan diskresi guna mengantisipasi kelumpuhan DPRD Kota Malang yang memasuki pembahasan anggaran APBD-P 2018 dan APBD 2019.

Check Also

41 dari 45 Anggota DPRD Malang Tersangka, Diduga Dampak Tuntutan Ekonomi Partai

  JAKARTA – Pengamat politik Andrianto menilai penetapan tersangka kepada 41 dari 45 anggota DPRD ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: