_
Home / Warta / Mancanegara / 4 Negara Pemasok Senjata Terbesar di Dunia
ilustrasi senjata militer (reuters)

4 Negara Pemasok Senjata Terbesar di Dunia

STOCKHOLM, Waspada.co.id – Sejumlah negara besar mampu membuat senjata dan peralatan militer canggih. Produksi senjata negara-negara maju itu kemudian dieskpor ke banyak negara.

Ada jet tempur, tank, hingga kapal tempur. Menurut Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI), total penjualan senjata pada 2017 mencapai USD 398,2 miliar atau sekitar Rp 5,606 triliun dalam industri senjata global.

Hingga kini masih banyak negara yang memesan senjata canggih di negara-negara pemasok senjata. Berikut adalah negara pemasok senjata terbesar:

1. Amerika Serikat
Negeri Paman Sam ini menjadi negara pemasok senjata terbesar di dunia. Pembelinya paling banyak dari Saudi Arabia sebanyak 18 persen, uni Emirat Arab sebanyak 7,4 persen dan Australia sebanyak 6,7 persen.

AS menyumbang 34 persen dari semua ekspor, dan ekspornya meningkat 25 persen dibandingkan 2008-2012. Hingga kini AS terus mengekspor senjata ke Arab Saudi, meskipun sedang perang dengan Yaman. Kemungkinan Arab Saudi menggunakan senjata AS dalam perang dengan Yaman.

2. Rusia
Rusia menjadi pemasok senjata kedua di dunia. Negara ini memang dikenal dengan pesawat tempurnya yang canggih, seperti Sukhoi. Indonesia menjadi salah satu negara pembeli Sukhoi Rusia.

Rusia juga menjual senjata buatannya ke 47 negara, termasuk para separatis Rusia di Ukraina antara 2013 dan 2017. Pembeli terbesarnya adalah India sebanyak 35 persen, China sebanyak 12 persen, dan Vietnam 10 Persen.

Rusia menyumbang 22 persen dari semua ekspor, dan ekspornya sempat turun 7,1 persen tahun 2018 dibandingkan 2008-2012.

Rusia pernah memasok senjata ke Suriah. Negara itu memasok rudal S-300, rudal jelajah anti kapal Yakhont, SA-17, dan sistem rudal Pantsyr-S jarak dekat.

3. Prancis
Prancis juga menjual senjata ke 81 negara antara 2013 dan 2017. Pembeli senjata terbanyaknya dari Mesir 25 persen, China 8,6 persen dan India 8,5 persen. Prancis menyumbang 6,7 persen pengiriman dari semua ekspor, dan ekspornya meningkat 27 persen pada 2018 dibandingkan 2008-2012.

Prancis juga pernah memasok senjata ke negara lain, salah satunya ke Suriah dalam perang Suriah. Prancis memasok kapal induk Perancis bertenaga nuklir, Charles de Gaulle. Kapal induk ini bisa membawa rudal dan bom serta lebih dari 1.900 personel.

Tak hanya itu saja, Prancis juga memasok senjata tempur yang bisa membawa empat bom berpandu laser yang beratnya 250 kilogram.

4. Jerman
Jerman juga memasok senjata untuk militer Arab Saudi dan Uni Emirat Arab. Senjata itu digunakan untuk perang dengan Yaman. Hal itu diketahui tim investigasi #GermanArms yang melibatkan para jurnalis Deutsche Welle, majalah mingguan Stern, stasiun siaran Bayerischer Rundfunk, tim redaksi “report Mnchen” dan jaringan jurnalis investigatif Bellingcat.

Senjata-senjata itu seperti kapal perang, pesawat tempur, tank, hingga kendaraan lapis baja. Diketahui Arab Saudi menjadi pembeli terbesar untuk Jerman.

Selain itu, pembeli terbesar lainnya dari Korea Selatan 14 persen, Yunani 11 persen dan Israel 8,7 persen. Jerman menyumbang 5,8 persen pengiriman dari semua ekspor, dan ekspornya sempat turun 14 persen tahun 2018 dibandingkan 2008-2012. (merdeka/data2)

Check Also

Istri “Cipika-Cipiki” dengan PM Kanada yang Memesona, Trump Terlihat Cemberut

PARIS,Waspada.co.id – Ibu Negara Amerika Serikat Melania Trump menjadi perbincangan setelah fotonya yang sedang sun ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.