Breaking News
Home / Warta / Mancanegara / 201 Anak-Anak Terbunuh Dalam Perang Sipil di Yaman
istimewa
istimewa

201 Anak-Anak Terbunuh Dalam Perang Sipil di Yaman

SANAA, WOL – Pejabat tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Yaman mengatakan 201 anak-anak telah terbunuh dalam perang sipil di negara itu sejak awal 2017.

“Pada 2017, 201 anak-anak terbunuh di Yaman: 152 anak laki-laki dan 49 perempuan,” kata perwakilan penduduk UNICEF di Yaman Meritxell Relano mengatakan di akun Twitter-nya pada Senin (7/8) seperti dilansir dari Xinhua.
Cuitan Relano muncul tiga hari setelah serangan udara oleh koalisi pimpinan-Saudi menghantam sebuah rumah keluarga di daerah Mahdha di provinsi utara Yaman, Saada, menewaskan enam anak dan tiga wanita.
Mengomentari serangan udara pada Jumat, Relano mengutuk serangan tersebut namun tidak menyebut pihak manapun sebagai pelakunya.
Relano juga mengatakan “377 anak laki-laki telah direkrut dan digunakan dalam konflik sejak awal 2017. Kami tahu masih banyak lagi … sayang sekali.”
Relano tidak merinci lebih lanjut tentang kota mana anak-anak itu direkrut atau pihak-pihak yang berada di balik perekrutan itu.
Menurut badan-badan PBB, lebih dari 10.000 orang, kebanyakan warga sipil, telah terbunuh selama lebih dari dua tahun perang di Yaman itu. Tiga juta orang juga tercatat mengungsi.
Pada Maret 2017, UNICEF mencatat korban tewas anak-anak dari perang tersebut berjumlah 1.546 orang, dan 2.450 lainnya terluka. Negara itu juga terkena wabah kolera yang mematikan dan berada di tepi kelaparan.
Perang tersebut dimulai pada Maret 2015, setelah koalisi pimpinan Saudi mengintervensi konflik Yaman dengan meluncurkan operasi udara berskala besar mendukung Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi melawan pemberontak Houthi yang didukung Iran, yang menginvasi ibukota Sanaa secara militer dan merebut sebagian besar provinsi Yaman utara. (antara)

Check Also

WOL Photo/Lihavez

Ketua PWI Sumut: Keamanan Sangat Mahal

MEDAN, WOL – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut, Hermansjah, mengungkapan kondisi keamanan di Kota ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.