Home / Aceh / 20 Warga Rohingya Terdampar di Aceh Timur
Warga Rohingya diamankan sementara di Pos Lanal Kuala Idi, Aceh Timur (Foto BPBA)

20 Warga Rohingya Terdampar di Aceh Timur

agregasi

JAKARTA – Seunit perahu berisi 20 warga Rohingya terdampar di Kuala Idi, Kabupaten Aceh Timur. Mereka saat ini diamankan sementara di Pos Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Idi sambil menunggu tindakan lebih lanjut.

“Tepat pukul 08.00 WIB, para pengungsi Rohingya mendarat ke perairan Idi dengan menggunakan perahu,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Teuku Ahmad Dadek kepada Okezone, Selasa (4/12/2018).

Mereka diduga meninggalkan Myanmar untuk mencari negara ketiga yang mau menampung. Warga Rohingya itu berlayar menggunakan perahu lalu mendarat di Kuala Idi yang berhadapan langsung dengan Selat Malaka.

Perahu warga Rohingya yang mendarat di Kuala Idi, Aceh Timur (Foto BPBA)

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Timur, Syahrizal Fauzi menyangkal kalau para Rohingya itu terdampar ke Idi.

“Bukan terdampar, tapi kondisinya merapat, berlabuh sendiri mereka di Kuala Idi. Jadi posisi merapat, boat (perahu) masih ada (nyala) mesinnya,” kata Syahrizal saat dikonfirmasi Okezone.

“Jadi orangnya ini langsung merapat ke Kuala Idi dan sekarang diamankan sementara di Pos Lanal Idi,” tambah dia.

Menurut Syahrizal, kondisi ke 20 warga Rohingya itu sehat. “Sekarang sedang menunggu Imigrasi Langsa untuk tindakan selanjutnya,” ujar dia.

Check Also

Amnesty International Cabut Penghargaan Suu Kyi karena Gagal Atasi Kekerasan Terhadap Rohingya

KELOMPOK HAM terkemuka di dunia, Amnesty International, Senin (12/11/2018) mengatakan telah melucuti penghargaan yang diberikan ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: