_
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / 192 Calon Pimpinan KPK Lolos Seleksi Administrasi, 184 Orang Terdepak
Ketua Pansel Calon Pimpinan KPK Yenti Ganarsih (Foto: Okezone)

192 Calon Pimpinan KPK Lolos Seleksi Administrasi, 184 Orang Terdepak

agregasi

 

JAKARTA – Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan (Capim) KPK mengumumkan dari 376 pendaftar capim KPK, ada 192 orang lolos seleksi administrasi. Mereka didominasi laki-laki.

“Yang lolos administrasi 192,” kata Ketua Pansel Capim KPK Yenti Garnasih dalam konferensi pers di Sekretariat Pansel Capim KPK di Gedung Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Kamis (11/7/2019).

Berdasarkan jenis kelamin, Pansel Capim KPK menyebutkan dari 192 orang yang lolos seleksi tahap awal tersebut, 180 orang di antaranya laki-laki. Hanya 12 orang perempuan. Latar belakangan mereka berbeda-beda.

Setelah lolos seleksi administrasi, 192 capim KPK diwajibkan mengikuti serangkaian tes lagi. Seperti tes profile assessment atau ujian untuk melihat kemampuan individual, integritas, wawasan hingga karakter.

Para capim KPK nantinya juga diharuskan menulis naskah, psikotes dan diuji publik, kemudian tes wawancara dan kesehatan, sebelum dipilih 10 orang untuk diajukan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sebelumnya ada 376 orang yang mendaftar jadi capim KPK, terdiri dari 349 laki-laki dan 27 perempuan. Mereka berasal dari berbagai latar belakang seperti anggota Polri, TNI, advokat, akademisi bahkan wiraswasta.

Namun, hasil seleksi administrasi hanya 192 orang yang lolos, sisanya 184 lagi terdepak.

Check Also

OTT Terkait Impor Bawang Putih, KPK Sita Bukti Dugaan Suap Rp2 Miliar

  JAKARTA – Satuan Tugas (Satgas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengantongi bukti dugaan suap berupa ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.