Home / Fokus Redaksi / 17 Tahun 9/11: Ini Perkembangan Islam & Perubahan Penting di Amerika
Tragedi 9 September 2011 (dok. AP Photo)

17 Tahun 9/11: Ini Perkembangan Islam & Perubahan Penting di Amerika

Jalur kereta yang menghubungkan warga dari bagian barat Pulau Manhattan ke WTC itu dibangun dengan anggaran $181 juta atau sekitar Rp2,7 triliun.

Stasiun subway Cortlandt WTC akhirnya resmi dibuka kembali Sabtu (08/09).
Stasiun subway Cortlandt WTC akhirnya resmi dibuka kembali Sabtu (08/09). (AP)

“(Stasiun) Cortlandt WTC ini bukan sekadar stasiun subway baru belaka. Ini adalah simbol bangkitnya warga New York, untuk memajukan dan mengembalikan area WTC seperti dulu,” kata Kepala MTA (Otoritas Transportasi Metropolitan) NY, Joseph Lhota dalam sebuah pernyataan resmi tertulis.

Keamanan penerbangan super ketat
Serangan 11 September membuat Amerika membentuk sebuah departemen baru di pemerintahan, yaitu Department of Homeland Security (DHS) atau Departemen Keamanan Dalam Negeri.

Resmi berdiri pada 25 November 2002, DHS memiliki misi yang meliputi aktivitas anti-tetorisme, kemanan perbatasan, imigrasi dan pengamanan siber. Di bawah DHS terdapat sejumlah lembaga, salah satunya adalah Transportation Security Administration (TSA), yang benar-benar mengubah dunia penerbangan Amerika.

Proses pemeriksaan TSA di Bandara Denver, Kolorado, AS.
Proses pemeriksaan TSA di Bandara Denver, Kolorado, AS. (Reuters)

Dengan adanya TSA, prosedur pemeriksaan penumpang dan barang di bandara menjadi lebih ketat. Sebelum 11 September 2001, pengecekan penumpang hanya menggunakan detector logam yang didesain untuk mencegah pelaku kejahatan membawa pistol ke dalam pesawat.

Pemeriksaan TSA di Bandara JFK, New York.
Pemeriksaan TSA di Bandara JFK, New York. (Reuters)

Setelahnya, dengan TSA: penumpang harus membawa kartu identitas dengan nama yang sama dengan di tiket, saat pemeriksaan mayoritas calon penumpang harus melepas sepatu, alat elektronik harus dikeluarkan dari dalam tas, cairan lebih dari 100 ml dilarang masuk ke kabin pesawat, dan lain sebagainya.

Sementara saat terbang, pintu kokpit pesawat harus selalu dalam keadaan dikunci. Pemberlakuan TSA ini juga membuat harga tiket pesawat naik. Pasalnya, maskapai yang ikut menanggung operasional TSA, membebankan sebagian biayanya kepada penumpang.

Perbaikan Sistem Administrasi Kependudukan
Sebanyak total 19 teroris yang membajak empat pesawat pada Serangan 11 September 2001 adalah warga negara asing yang masuk ke Amerika secara legal, mayoritas menggunakan visa turis dengan batas waktu 6 bulan.

Check Also

Khamenei Sebut Trump Menjatuhkan Wibawa AS

TEHERAN, Waspada.co.id – Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mengatakan bahwa Presiden Donald Trump telah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: