Home / Fokus Redaksi / 17 Tahun 9/11: Ini Perkembangan Islam & Perubahan Penting di Amerika
Tragedi 9 September 2011 (dok. AP Photo)

17 Tahun 9/11: Ini Perkembangan Islam & Perubahan Penting di Amerika

Sekitar 10 tahun setelah Peristiwa 11 September, di bawah kepemimpinan Presiden Barack Obama, Osama bin Laden yang diburu, bisa ditemukan Pasukan Khusus Angkatan Laut Amerika dalam sebuah operasi di Pakistan, dan terbunuh pada 2 Mei 2011.

Sejumlah tentara Amerika di Qayyara, selatan Mosul, Irak, pada Oktober 2016.
Sejumlah tentara Amerika di Qayyara, selatan Mosul, Irak, pada Oktober 2016. (Reuters)

Pada Desember 2014, Obama pun mengumumkan penghentian operasi militer di Afghanistan. Namun, munculnya kelompok yang menyebut diri mereka ISIS di Irak dan Suriah, membuat “War on Terror” terus berlanjut.

Obama total mengucurkan $807 miliar atau sekitar Rp12 ribu triliun pada dua periode kepemimpinannya. Sementara, Trump telah menganggarkan $156 miliar atau sekitar Rp2.300 triliun untuk “War on Terror”.

Gedung tertinggi dan stasiun subway terbaru
Runtuhnya Menara Kembar World Trade Center (WTC) pada pagi 11 September 2001 bisa jadi adalah momen yang paling banyak diingat orang terkait Tragedi 11 September. Sebanyak 2.606 orang di dalam dan sekitar kedua menara yang berdiri sejak 1973 itu, tewas, berikut total 157 penumpang di dua pesawat yang menabrak gedung-gedung yang pernah menjadi tertinggi di dunia, dengan ketinggian 417 meter itu.

Asap mengepul dari Menara Kembar World Trade Center yang terbakar pada 11 September 2001.
Asap mengepul dari Menara Kembar World Trade Center yang terbakar pada 11 September 2001. (AP)

Kini gedung baru bernama One World Trade Center telah berdiri dan resmi menjadi pengganti Menara Kembar, sejak 2013 lalu. Dengan ketinggian 546 meter, gedung yang dirancang David Childs (orang dibalik desain gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa) ini menjadi gedung tertinggi di belahan bumi barat, dan gedung tertinggi keenam di dunia.

Gedung One World Trade Center menjulang tinggi di Manhattan.
Gedung One World Trade Center menjulang tinggi di Manhattan. (AP)

Selain itu, pada Sabtu (08/09), stasiun kereta bawah tanah (Subway) Cortlandt Street di Kota New York, yang tertimbun saat runtuhnya Menara Kembar WTC, telah selesai direnovasi dan kembali dibuka.

Check Also

Kemarahan Trump Kala Mantan Pengacara Akui Berbohong Terkait Proyek Rusia

WASHINGTON, Waspada.co.id – Presiden Amerika Donald Trump mengkritik investigasi yang dilakukan penyidik khusus Robert Mueller, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: