Home / Fokus Redaksi / 17 Tahun 9/11: Ini Perkembangan Islam & Perubahan Penting di Amerika
Tragedi 9 September 2011 (dok. AP Photo)

17 Tahun 9/11: Ini Perkembangan Islam & Perubahan Penting di Amerika

Waspada.co.id – Selasa pagi, 11 September 2001 adalah salah satu hari terkelam dalam sejarah Amerika. Empat pesawat penumpang dibajak teroris untuk ditabrakkan ke sejumlah objek penting di Amerika. Tiga di antaranya mengenai target: gedung kembar World Trade Center di Kota New York dan Pentagon, di Virginia. Satu pesawat lainnya yang disebut menyasar Washington DC, gagal. Setidaknya 3 ribu nyawa melayang akibat rangkaian serangan teroris ini.

Kini, 17 tahun telah berlalu. Banyak hal penting dan perubahan yang terjadi di Amerika terkait peristiwa itu. VOA Indonesia merangkum empat di antaranya.

Dana Rp32 Ribu Triliun Habis di Medan Perang
Pada 20 September 2001, Presiden George W. Bush memulai “War on Terror” (perang melawan teror).

“Warga Amerika tidak hanya akan menyaksikan satu perlawanan, tetapi rangkaian perlawanan yang tidak pernah kita lihat sebelumnya,” kata Bush.

Perang digencar di Afghanistan untuk mencari Osama bin Laden.
Perang digencar di Afghanistan untuk mencari Osama bin Laden. (Reuters)

Perang pun digencarkan di Afghanistan untuk mencari Osama bin Laden, pimpinan al-Qaida yang disebut menjadi dalang serangan 11 September. Anggaran raksasa pun dikeluarkan untuk menjalankan “perang” ini.

Pada tahun pertama “War on Terror”, Kongres Amerika mengucurkan dana darurat untuk perang sebesar $29,3 miliar atau sekitar Rp430 triliun. Langkah ini disusul dengan pengiriman tentara Amerika ke Irak pada 21 Maret 2003. Bush menyebut CIA memprediksi ada senjata pemusnah massal di negara tersebut.

Pada 20 September 2001 Presiden George W. Bush memulai “War on Terror”.
Pada 20 September 2001 Presiden George W. Bush memulai “War on Terror”. (Reuters)

Alhasil, anggaran yang dikucurkan untuk perang di Afghanistan dan Irak terus melonjak. Pada penghujung periode kedua Bush di Gedung Putih, program “War on Terror” telah menghabiskan $1,164 triliun atau sekitar Rp18 ribu triliun.

Check Also

Khamenei Sebut Trump Menjatuhkan Wibawa AS

TEHERAN, Waspada.co.id – Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mengatakan bahwa Presiden Donald Trump telah ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: