Home / Warta / Mancanegara / 160 Petugas Dikerahkan Pasang Kiswah Baru Berhias 120 Kilogram Benang Emas
Sekitar 160 petugas dari Arab Saudi terlibat dalam pemasangan kain Kiswah baru yang dipasang setiap hari ke sembilan Dzulhijjah setiap tahunnya. (SPA)

160 Petugas Dikerahkan Pasang Kiswah Baru Berhias 120 Kilogram Benang Emas

Makkah, Waspada.co.id – Pemerintah Arab Saudi memasang kain penutup Ka’bah baru, yang rutin dilakukan setiap tahun pada 9 Dzulhijah atau Senin, (20/8), seusai jamaah haji melaksanakan salat. Kain yang juga dikenal sebagai kiswah ini dipasang sekitar 160 petugas dan diawasi Sheikh Abdulrahman Al-Sudais, Ketua Kepresidenan Umum Dua Masjid Suci.

“Seusai salat subuh pada hari ke sembilan Zulhijah, kain kiswah yang lama diganti dengan yang baru, yang berhias emas, mengilustrasikan ayat dari kita suci Al-Quran,” kata Ahmad Bin Mohammed Al-Mansouri, Direktur Umum King Abdul Aziz Complex Ka’bah, seperti dilansir Arab News, Senin, 20 Agustus 2018.

Al Mansouri menjelaskan, kain kiswah baru memiliki lebar 658 meter persegi dan terbuat dari 670 kilogram sutra. Ada 120 kilogram benang emas dan 100 kilogram benang perak menghiasi kain penutup ini.

Penutup bangunan Ka’bah ini dibuat di King Abdul Aziz Complex for Holy Kaab Kiswa, yang memiliki 200 pegawai terlatih. Kompleks ini juga memiliki mesin jahit terbesar dunia dengan panjang sekitar 16 meter.

Dalam pidatonya, Sheikh Sudais memuji kepemimpinan pemerintah Arab Saudi dalam mengelola pelaksanaan ibadah haji 2018 karena menempatkan program ini sebagai prioritas.

Media ABC News melansir muslim merayakan hari raya Idul Adha pada Selasa, 21 Agustus 2018, seiring dengan para calon jamaah haji melakukan ritual final di Mina dengan melempar batu ke tiga tiang. Ini merupakan simbolisasi mengusir setan, yang mencoba menghasut Nabi Ibrahim agar tidak mengikuti perintah Tuhan.

Menurut ajaran Islam, Nabi Ibrahim sedang diuji Allah SWT saat diminta mengorbankan anaknya, Ismail. Saat itu, setan datang kepada Ibrahim dan memintanya mengabaikan permintaan Allah SWT. Namun, Ibrahim tetap menjalankan permintaan tersebut, tetapi saat akan disembelih Ismail digantikan dengan seekor kibas atas kuasa Allah SWT. Untuk itu, jamaah haji diminta meneladani ajaran Ibrahim agar tidak tertipu setan. (wol/tempo/data2)

Check Also

Saudi Eksekusi dan Salib Warga Myanmar Tersangka Pembunuhan

Waspada.co.id – Otoritas Arab Saudi dilaporkan mengeksekusi mati seorang warga Myanmar yang divonis bersalah membunuh ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: