Home / Warta / Teknologi / 16 Karakter Yang Bikin Google Chrome Crash
Ilustrasi (foto: youtube.com)

16 Karakter Yang Bikin Google Chrome Crash

WOL – Sebuah bug telah ditemukan di dalam browser atau peramban Chrome 45 versi desktop. Hanya dengan memasukkan sebuah tautan yang terdiri dari 16 karakter, peramban buatan Google tersebut bisa dibikin crash alias berhenti mendadak.

Hal tersebut ditemukan oleh seorang pria bernama Andris Atteka. Ia menceritakan penemuannya ini melalui blog pribadinya.

Dalam blog tersebut, Chrome bisa dibuat crash hanya dengan memasukkan beberapa karakter null di bagian kotak URL.

Awalnya, Atteka memberi contoh 26 karakter null yang bisa membuat Chrome berhenti beroperasi. Namun, pada akhirnya, 26 karakter tersebut bisa disederhanakan menjadi 16 karakter saja.

Begitu Anda memasukkan karakter tersebut ke bagian URL dan menekan enter, Chrome akan langsung crash. Bahkan, di beberapa kasus, pengguna tidak perlu menekan enter. Secara otomatis, Chrome akan langsung berhenti mendadak.

Di kasus lainnya, saat pengguna mengarahkan kursor mouse ke hyperlink tautan tersebut, Chrome juga bisa berhenti mendadak.

Berikut ke-16 karakter tersebut: http://a/%%30%30. Jika Anda mengarahkan mouse ke tautan tersebut, dijamin Chrome tidak akan error.

Ingin mencoba? Sebaiknya Anda cukup mengerti mengenai troubleshoot komputer. Jika tidak, sebaiknya jangan dicoba.

Saat pengguna memasukkan tautan tersebut, bisa saja seluruh tab menjadi bermasalah dan memaksa Chrome untuk berhenti bekerja. Di beberapa kasus lain, hanya tab dengan karakter null “berbahaya” itu saja yang berhenti.

Menurut Atteka, penjelasan di balik bug ini adalah adanya masalah pada DCHECK di bagian kode history GURL. Untungnya, ini bukanlah bug security, sehingga tidak mungkin dimanfaatkan oleh penjahat cyber untuk menyebarkan malware.

Oleh karena bukan celah yang bisa mengganggu keamanan, Atteka tidak mendapat hadiah dari Google. Sekadar informasi, Google memang menjanjikan sejumlah uang bagi yang bisa mengungkapkan celah keamanan berbahaya di setiap aplikasinya.

Celah tersebut tampaknya tidak berpengaruh untuk Chrome di Android, tetapi dilaporkan bermasalah di PC dan Mac.

Hingga saat ini, Google masih belum memberikan komentarnya.(kompas/data2)

Check Also

Tumbuhkan Minat Baca, IKAPI akan Gelar Pameran Buku

MEDAN, Waspada.co.id – Untuk meningkatkan minat baca di kalangan masyarakat Sumatera Utara (Sumut), Dinas Perpustakaan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: