Home / Warta / Indonesia Hari Ini / 12 Fakta Unik Marsekal Hadi Tjahjanto, Bocah Penurut yang Kini Jadi Panglima TNI
Presiden RI Joko Widodo melantik Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo. (Foto: Antara)

12 Fakta Unik Marsekal Hadi Tjahjanto, Bocah Penurut yang Kini Jadi Panglima TNI

agregasi
agregasi

 

MARSEKAL Hadi Tjahjanto, baru saja dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Panglima TNI. Ia adalah calon tunggal yang diajukan oleh Presiden. Mampu dan cakap memimpin institusi TNI jadi alasan pria kelahiran 8 November 1963 ini dipilih. Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) itu menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo yang akan pensiun pada 1 April 2018.

Tak banyak yang tahu apa yang pernah terjadi pada Hadi Tjahjanto sebelum ia terpilih sebagai pemegang tongkat komando TNI. Beragam pengalaman sederhana mengiringi segudang prestasi canggihnya. Berikut 12 fakta menarik pria kelahiran Malang, Jawa Timur ini, seperti dirangkum Okezone dari berbagai sumber:

1. Tidak Mau Jadi Malin Kundang

Hadi kecil tumbuh di lingkungan Perumahan Pancar Gas, Desa Tamanrejo, Kabupaten Malang. Dikenal sebagai anak penurut, Hadi tidak pernah menjawab, apalagi melawan,saat dinasihati. Sang ayah, Bambang Sudarto, menduga, sifat penurut ini melekat karena sang ibu, Nur Sa’adah, sering menceritakan berbagai dongeng, seperti kisah Si Kancil dan Hikayat Malin Kundang sebelum tidur.

2. Menolak Uang Saku

Ayah Hadi merupakan pensiunan TNI AU berpangkat Sersan Mayor. Tak heran, Hadi pun amat disiplin karena tumbuh di lingkungan militer. Bahkan kedisiplinan ini terasa dalam urusan keuangan. Hadi kecil sering menolak diberi uang saku karena sangu dari sang ibu kerap tersisa.

3. Suka Cuci Piring

Tak hanya disiplin, pria asli Singosari ini begitu memperhatikan kebersihan rumah sejak kecil. Hadi tidak segan membantu membereskan rumah. Pekerjaan rumah yang sering ditanganinya adalah mencuci piring.

Resmi, Panji Kebesaran TNI Kini di Tangan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto

4. Sangat Ingin Masuk Sekolah Terkenal

Lulusan Sekolah Menengah Persiapan Pembangunan (SMPP) Malang angkatan 1982, kini dikenal sebagai SMAN 1 Lawang, ini mengaku sangat bahagia bisa menuntut ilmu di sekolah itu. Ketenaran nama almamater tersebut menjadi salah satu penyebabnya.

5. Naik Dokar ke Sekolah

Dokar alias kereta kuda menjadi moda transportasi yang dipilih Hadi Tjahjanto untuk mengantarnya ke pangkalan bus untuk menuju sekolahnya di Lawang. Ia mengantongi Rp25 untuk ongkos bus. Namun jika sedang tidak memiliki uang, Hadi akan bangun lebih pagi agar bisa menumpang truk ke sekolah.

6. Punya Guru Mirip Luna Maya

Guru yang paling membuat Hadi berkesan di SMAN 1 Lawang adalah Bu Lasmi. Menurut Hadi, bibir Bu Lasmi yang selalu berwarna merah saat mengajar di kelas, begitu cantik. Ia menyamakan kecantikan sang guru Kimia itu dengan artis selebritas Tanah Air, Luna Maya.

Check Also

Masih Perwira Aktif, Gatot Tak Boleh Dilamar Parpol

JAKARTA, WOL – Pengamat militer Connie Rahakundini Bakrie menegaskan meski tidak lagi menjabat sebagai Panglima ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: