Home / Warta / Indonesia Hari Ini / 10 Universitas Terfavorit di Indonesia
Istimewa

10 Universitas Terfavorit di Indonesia

WOL – Hampir semua dari kita setuju bahwa pendidikan merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Di zaman sekarang ini, tanpa memiliki pendidikan yang cukup, kita seolah tidak bisa bersaing. Dengan pesaing dalam negeri pun bisa terseok-seok, apalagi menjalani kompetisi di dunia kerja dengan pesaing dari luar negeri. Kurikulum sudah berbeda, mereka pun masih memiliki keunggulan dari segi bahasa – rata-rata pesaing dari luar negeri sudah fasih menggunakan bahasa Inggris sebab itu merupakan bahasa percakapan sehari-hari mereka. Rasanya kita banyak mengalami kekalahan telak yang harus ditelan bulat-bulat.

Memang, pendidikan bukan satu-satunya penentu kesuksesan karir dan kehidupan seseorang. Hanya usaha yang membedakan nasib setiap orang. Mereka yang memiliki latar belakang pendidikan tinggi namun tak punya daya juang yang tinggi disertai usaha yang gigih dalam bersaing juga bisa kalah dengan orang yang berpendidikan cukup namun memiliki semangat juang yang tinggi. Dunia memang membutuhkan orang yang tahan banting dan sudah teruji kekuatannya baik dari segi fisik maupun mental. Akan tetapi bukan berarti pendidikan menjadi hal yang tidak terlalu penting di zaman sekarang, sebab pendidikan juga menjadi media yang mempersiapkan kita memasuki dunia kerja dengan menempa kita melalui kegiatan akademik maupun non akademik, melatih otak, fisik, serta mental kita.

Jadi tidak heran jika institusi pendidikan di negeri ini masih sangat dibutuhkan. Persaingan kita bukan hanya membutuhkan kekuatan fisik namun kecerdasan otak dan kelihaian dalam menyusun strategi. Kuat secara fisik dan mental tanpa memiliki kelihaian dalam menyusun strategi bersaing pun bisa saja kalah di medan perang. Kalau kamu tertarik belajar di kampus-kampus terbaik yang akan menempa dan mempersiapkan kamu untuk bersaing di dunia kerja, kamu wajib tahu 10 universitas terbaik di Indonesia yang bisa jadi tujuan belajarmu selepas lulus SMA.

#1 Universitas Indonesia (UI)
Peringkat pertama diduduki oleh Universitas Indonesia. Kampus ini dikenal sebagai kampus modern yang komprehensif, terbuka, terdiri dari beragam budaya dan juga humanis dengan cakupan disiplin ilmu yang relatif luas. Menurut survei yang dilakukan oleh Globe Asia pada tahun 2008, UI mendapat peringkat I di antara universitas yang ada di Indonesia dan didukung oleh Majalah Tempo yang melakukan survei serta analisis mengenai peringat universitas dan pendidikan di Indonesia. Bahkan survei yang dilakukan Majalah Tempo menyatakan bahwa sejak tahun 2004 UI merupakan universitas yang mampu menelurkan lulusan terbaik di Indonesia dalam beberapa kriteria seperti kualitas, citra, dan kepuasan industri yang mempekerjakan alumni UI.

#2 Institut Teknologi Bandung (ITB)
Hampir semua dari kita setuju bahwa pendidikan merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Di zaman sekarang ini, tanpa memiliki pendidikan yang cukup, kita seolah tidak bisa bersaing. Dengan pesaing dalam negeri pun bisa terseok-seok, apalagi menjalani kompetisi di dunia kerja dengan pesaing dari luar negeri. Kurikulum sudah berbeda, mereka pun masih memiliki keunggulan dari segi bahasa – rata-rata pesaing dari luar negeri sudah fasih menggunakan bahasa Inggris sebab itu merupakan bahasa percakapan sehari-hari mereka. Rasanya kita banyak mengalami kekalahan telak yang harus ditelan bulat-bulat.

#3 Universitas Gadjah Mada (UGM)
Tidak perlu diragukan lagi mengenai akreditasi dan kualitas pendidikan di kampus yang berusia 66 tahun ini, UGM sudah membuktikannya dalam beberapa kali penilaian sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesa yang kerap menjadi incaran pelajar dari seluruh Indonesia sebagai kampus impian. Beberapa prestasi yang pernah diraih kampus ini adalah Rangking 250 Tingkat Dunia versi Timer Higher Education-Qs World University tahun 2009, Peringkat 1 Universitas Terbaik di Indonesia versi AIP BAN-PT tahun 2014, Peringkat 5 Universitas Terbaik di Asia Tenggara versi Webometrics di tahun yang sama, dan juga UGM telah dikenal sebagai universitas dengan Sistem Penjaminan Mutu Terbaik di ASEAN bersama National University of Singapore dan Chulalongkorn University.

#4 Universitas Diponegoro (UNDIP)
UNDIP merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia yang lokasinya berada di Semarang, Jawa Tengah. Awal mula didirikan, UNDIP merupakan kampus swasta. 5 tahun kemudian statusnya berubah menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Akreditasi universitas ini sangat baik (nilai A) dengan skor 361 yang diberikan oleh BAN PT berlaku dari 2013 hingga 2018. Nama Robert Budi Hartono (Pemilik PT Djarum), Imam Budi Sarjito (Direktur BNI), dan Soekarwo (Gubernur Jawa Timur periode 2009 hingga 2014) adalah segelintir nama yang pernah tercatat sebagai mahasiswa dan telah beralih status menjadi alumni UNDIP.

#5 Universitas Riau (UNRI)
Kamu mungkin masih asing dengan namanya namun kamu perlu tahu bahwa UNRI merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia yang menduduki peringkat 5 versi Webometrics. UNRI berusaha untuk selalu mengerahkan kemampuan terbaiknya dalam berperan menggalakkan pembangunan dan juga memberikan sumbangan dalam perkembangan sosial, ekonomi, serta intelektual yang bertujuan untuk kemajuan bangsa. Kamu juga wajib tahu kalau UNRI melibatkan diri dalam proyek kemasyarakatan yang dilakukan secara pribadi maupun dengan menggalang kerja sama dengan berbagai pihak seperti pemerintah dan swasta.

#6 Universitas Brawijaya (UB)
Universitas terbaik di Indonesia selanjutnya diduduki oleh Universitas Brawijaya (UB). Setidaknya saat ini ada lebih dari 50.000 mahasiswa aktif yang tercatat dari berbagai strata dan fakultas. Di sini kamu juga akan memiliki kesempatan untuk bertemu dengan mahasiswa internasional dari Amerika, Korea Selatan, Libia, Timor Leste, dan juga Palestina karena adanya kelas internasional yang dibuka melalui jalur seleksi mandiri. UB termasuk dalam rangking 500+ dunia versi THES dengan 7 universitas lainnya di Indonesia dan termasuk dalam peringkat 3 sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi Ditjen Dikti.

#7 Institut Pertanian Bogor (IPB)
IPB merupakan perguruan tinggi pertanian negeri yang lokasinya berada di Bogor. Awalnya kampus ini merupakan bagian dari Universitas Indonesia yang kemudian melepaskan diri pada 1 September 1963. Akreditasi universitas ini bahkan mendapat nilai A dengan skor yang cukup tinggi yaitu 375. Ada 11 fakultas yang dinaungi oleh IPB, di antaranya Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Peternakan, Fakultas Kehutanan, Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Fakultas Ekologi Manusia, Sekolah Pascasarjana, dan Program Diploma. Beberapa nama orang penting yang tercatat sebagai alumni IPB antara lain Susilo Bambang Yudhoyono (Presiden Keenam RI), Adhyaksa Dault (Menteri Pemuda dan Olahraga RI periode 2004 hingga 2009), dan juga Bungaran Saragih (Menteri Pertanian RI periode 2001 hingga 2004).

#8 Universitas Padjajaran (UNPAD)
Universitas terbaik di Indonesia selanjutnya adalah Universitas Padjajaran. Ada 16 fakultas yang dinaungi oleh universitas yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Kedokteran, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Keperawatan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Farmasi, Fakultas Teknik Geologi, Fakultas Peternakan, dan juga Pascasarjana. Kamu tidak perlu khawatir mengenai kualitas kampus ini, sebab Universitas Padjajaran telah dikenal sebagai salah satu kampus terbaik dengan akreditasi kampus A berdasarkan SK BAN PT dinilai dari prestasi dosen dan mahasiswa. Prestasi yang dihasilkan oleh masyarakat Universitas Padjajaran adalah peroleh Hak Kekayaan Intelektual atau HaKI yang jumlahnya mencapai ratusan. Setidaknya ada 155 hak cipta serta 37 hak paten dan berbagai perolehan HaKI dalam bentuk merk dan varietas tanaman.

#9 Universitas Sebelas Maret (UNS)
Kampus terbaik selanjutnya adalah Universitas Sebelas Maret atau yang lebih dikenal dengan singkatan UNS (Universitas Negeri Surakarta). UNS dikenal sebagai kampus yang giat dalam melakukan pembangunan dan menyediakan banyak jenis paket pendidikan mulai dari tingkat diploma, sarjana, pascasarjana, hingga doktoral. Ada 10 fakultas yang siap menampung para siswa lulusan SMA yang siap menyongsong masa depan cerah, seperti Fakultas Kedokteran, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan lain-lain. Beberapa prestasi yang pernah diraih oleh UNS sebagai bukti kredibilitas kampus yang mumpuni dan layak untuk kamu masuki adalah akreditasi unggul dengan nilai terbaik ketiga untuk Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi atau AIPT, peringkat 155 di dunia dan 8 di Indonesia sebagai Kampus Hijau atau Green Campus oleh UI GreenMetrics, serta telah mendapatkan Sertifikasi ISO 9001:2008 dalam layanan administrasi pada semua layanan administrasi UNS.

#10 Universitas Syiah Kuala
Bukan hanya kampus di Pulau Jawa saja yang bisa menunjukkan eksistensi sebagai kampus terbaik di Indonesia. Selain Universitas Riau, ada lagi kampus dari Pulau Sumatera yang tercatat sebagai kampus terbaikdi Indonesia, yaitu Universitas Syiah Kuala yang berlokasi di Aceh. Sembilan fakultas berada di bawah naungan Universitas Syiah Kuala dan menjadi paket pendidikan terbaik yang ditawarkan kepada calon mahasiswa. Di sini tidak hanya disediakan tingkat pendidikan S1 saja namun juga dibuka Program Studi Doktor dan Program Studi Magister. Prestasi yang diraih hingga berhasil menjadikan kampus ini masuk dalam 10 besar universitas terbaik di Indonesia adalah penerbitan artikel ilmiah pada jurnal internasional.

Indonesia bukan saja kaya akan budaya namun juga kampus-kampus ternama yang tidak kalah dalam memberikan kontribusi berupa kualitas pendidikan mumpuni untuk melatih dan menelurkan generasi muda berbakat yang siap bersaing di dunia kerja. Tentu saja kalau kamu ingin menjadi orang yang berhasil, jangan hanya memilih untuk belajar di kampus-kampus terbaik tetapi perbaiki juga caramu belajar dan bangun komitmen untuk mau belajar dari segala hal. Kamu juga harus siap untuk dilatih dengan berbagai tugas dan kegiatan yang nantinya akan kamu temui juga di dunia kerja. Keberhasilanmu tidak hanya ditentukan oleh tempat di mana kamu belajar, namun juga usahamu untuk membentuk diri menjadi pribadi yang tangguh dan lebih baik. (viva/nia/data1)

Check Also

Medan Tuan Rumah ICoASHE 2018

MEDAN, Waspada.co.id – Wakil Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, menghadiri International Conference Archives, Social Science, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: