Home / Warta / Indonesia Hari Ini / 10 Penyelam Marinir Dikerahkan Evakuasi Korban KM Sinar Bangun
WOL Photo

10 Penyelam Marinir Dikerahkan Evakuasi Korban KM Sinar Bangun

JAKARTA, Waspada.co.id – Korps Marinir TNI Angkatan Laut (TNI AL) menerjunkan 10 penyelam untuk membantu evakuasi korban Kapal Motor (KM) Sinar Bangun yang tenggelam di perairan Danau Toba, Simalungun, Sumatera Utara.

Para penyelam dari Batalyon Intai Amfibi (Yontaifib) 2/ Marinir telah berangkat dari Lanud Halim Perdana Kusuma pada hari ini. Tim dipimpin oleh Lettu Mar Kukuh Hadi W.

“Korps Marinir mengirim penyelam andal marinir lengkap dengan alat selamnya,” kata Kadispen Korps Marinir Letkol Mar Ali Sumbogo dalam keterangan tertulis, Selasa (19/6).

Selain menerjunkan 10 penyelam, Korps Marinir juga mengirimkan tim SAR untuk membantu evakuasi para korban. Tim SAR tersebut beranggotakan 24 personel yang terdiri dari sembilan personel Yonmarhanlan I/Belawan, delapan personel Denma Lantamal I Belawan, lima personel Rumkit TNI AL Belawan, dan dua personel Pomal Lantamal I Belawan.

“Tim dilengkapi dengan satu unit mobil ambulans, enam set alat selam dan 19 swimfest,” ujar Ali.

Sejauh ini petugas di lapangan baru berhasil mengevakuasi 19 penumpang kapal nahas tersebut. Dari jumlah itu satu orang dinyatakan tewas. Sementara sekitar 94 penumpang lain masih terus dicari.

KM Sinar Bangun dilaporkan tenggelam pada Senin (18/6) sore, sekitar pukul 17.30 WIB.

Kapal tersebut berangkat dari Dermaga Simanindo, Kabupaten Samosir menuju Pelabuhan Tigaras, Kabupaten Simalungun.

Sebelum tiba di Dermaga Tigaras, tiba-tiba KM Sinar Bangun oleng akibat pengaruh cuaca buruk, angin kencang, dan ombak besar.

“Kapal penumpang tersebut, akhirnya tenggelam. Penumpang pun mengalami kepanikan dan banyak yang melompat ke perairan Danau Toba,” kata Kasubbid Penmas Polda Sumatera Utara AKBP MP Nainggolan. (cnn/ant/data1)

Check Also

Kapoldasu Berbagi Bersama Bilal Mayit, Penggali Kubur, dan Nazir Masjid

MEDAN, Waspada.co.id – Bilal mayit, penggali kubur, dan nazir masjid dari lima kabupaten/kota mendadak dikumpulkan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: