_
Home / Warta / Ekonomi dan Bisnis / 10 Destinasi Wisata, Pemda Hanya Umbar Janji
WOL Photo

10 Destinasi Wisata, Pemda Hanya Umbar Janji

JAKARTA, WOL – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mengaku kesulitan dalam mengembangkan 10 destinasi wisata baru yang telah ditetapkan. Ini karena Pemerintah Daerah (Pemda) tidak berkomitmen dalam mendukung pengembangan destinasi wisata baru tersebut.

Namun sayangnya, Asisten Deputi bidang Tata Kelola Destinasi dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenpar Oneng Setya Harini enggan mengungkap Pemda yang tak mendukung target pemerintah itu. Ada dua alasan Kemenpar menyebut Pemda tak memiliki komitmen.

“Pertama itu arah kebijakan pembangunan pariwisata di daerah yang hingga kini belum menetapkan RIPPDA (Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah). Kemudian dari sisi penganggarannya yang juga belum,” ujar Oneng di Jakarta,  Rabu (6/4/2016).

Beberapa Pemda yang telah ditetapkan sebagai daerah destinasi wisata baru itu hanya mengumbar janji dalam pengembangan dan pembangunan pariwisata. Oneng menyayangkan karena Pemda tersebut tidak memiliki komitmen terhadap hal itu.

“Jangan hanya lisan. Sepertinya, janjinya mereka akan bangun banyak untuk dukung pariwisata, tapi program penganggarannya paling bawah. Artinya dia tidak komitmen kan,” tuturnya.

Menurut dia, pemerintah di daerah masih belum yakin terhadap pengembangan potensi wisata. Padahal, jika dikembangkan secara berkelanjutan, justru daerah tersebut bakal cepat menerima Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Mungkin pemahaman di daerah karena ada kecenderungan bagaima Pemda mendapatkan PAD yang lebih cepat. Mereka menganggap kalau pariwisata itu tidak bisa. Artinya masih banyak yang belum terbuka, sedangkan di sisi lain, pengembangan pariwisata itu kan harus sustain,” pungkas Oneng.

Akhir tahun lalu, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Rizal Ramli membidik 10 destinasi wisata baru. Kesepuluh wisata baru tersebut adalah Danau Toba Sumatera Utara, Bromo Jawa Timur, Mandalika NTB, Morotai Maluku, Tanjung Lesung Banten, Labuhan Bajo Flores NTT, Kepulauan Seribu DKI, Wakatobi Sulawesi Tenggara, Belitung dan Yogyakarta.(mtn/data2)

Check Also

Kemenpar Apresiasi Layanan Google Street View Danau Toba

PARAPAT, Waspada.co.id – Kementerian Pariwisata Republik Indonesia mengapresiasi layanan Google Street View Special Collect Danau ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.