Home / Warta / Indonesia Hari Ini / 1.096 Narapidana Belum Melapor Pasca Gempa-Tsunami Palu
Direktur Jenderal Pemasyarakat, Sri Puguh Budi konpers soal napi pasca gempa Palu. Foto: Okezone/Muhamad Rizky

1.096 Narapidana Belum Melapor Pasca Gempa-Tsunami Palu

JAKARTA – Sebanyak 1.096 narapidana yang belum diketahui keberadaannya pasca gempa-tsunami Palu diminta untuk melapor.

Direktur Jenderal Pemasyarakatan Sri Puguh Budi Utami menjelaskan, saat ini total keseluruhan yang ada di dalam lapas dan rutan sebanyak 204 napi.

Adapun 364 napi sudah melaporkan diri ke lapas dan rutan.

“Kami masih memberikan tenggat waktu sesuai dengan hasil komunikasi kami dengan Kanwil Sulawesi Tengah dan kami minta kepada Kepala Kanwil Sulawesi Tengah untuk mengumumkan bagi mereka yang masih diluar agar melaporkan diri,” kata Sri saat konfrensi pers di, Jakarta Pusat, Senin, (8/10/2018).

Sri mengatakan tenggat waktu yang diberikan kepada para narapidana yang belum melaporkan diri tersebut lantaran masih menunggu kesiapan lapas yang rusak akibat gempa. Selain itu kebutuhan bahan makanan, listrik, dan air bagi para narapidana juga belum berjalan secara optimal.

Foto/AP

“Untuk tempat sudah bisa ditempati hanya di rutan Palu dan cabang rutan Parigi, selebihnya masih dalam proses penataan masih dirapihkan. Contoh lapas Palu pagar seluruhnya roboh tiga bloknya roboh sedang dilakukan perapian terhadap puing-puing yang roboh di sekitar lapas Palu,” tuturnya.

“Kemudian berdasarkan komunikasi dari kepala kantor Sulteng pihak penyedia bahan makanan sedang berupaya keras supaya bisa menyediakan bahan makanan napi paling tidak dalam minggu ini,” tambahnya.

Diketahui sebelumnya sebanyak 1.425 narapidana saat gempa dan tsunami di Palu diizinkan keluar untuk bertemu keluarganya dengan syarat mereka wajib lapor ke masing-masing lapas dan rutan Palu. Hingga saat ini sudah 364 orang yang melapor ke lapas dan rutan.

Check Also

Kodim 0113/Gayo Lues Bersama Ulama dan Santri Doakan Korban Gempa Sulteng

GAYO LUES, Waspada.co.id – Jajaran Kodim 0113/ Gayo Lues, jajaran Provinsi Aceh, beserta para ulama ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: