Breaking News
Home / Warta / Indonesia Hari Ini / 1.030 Kali Gempa di Lombok, 5 Berkekuatan Besar
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho (Foto: Okezone)

1.030 Kali Gempa di Lombok, 5 Berkekuatan Besar

JAKARTA, Waspada.co.id – Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan ada 1.030 gempa sejak akhir Juli di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Namun, cuma ada lima gempa yang merusak signifikan.

“Ada lebih dari 1.030 kali gempa susulan pascagempa M [magnitudo] 6.4 [29/7/2018] hingga sekarang di Lombok. Tapi hanya ada 5 gempa yang merusak signifikan,” ujar dia, melalui akun Twitter-nya, Rabu (21/8).

Ia merinci lima gempa itu terdiri dari satu gempa pendahuluan, dua gempa utama, dan dua gempa susulan.

Gempa pendahuluan dengan magnitudo 6,4 terjadi pada 29 Juli. Sementara, gempa utama pertama terjadi dengan magnitudo 7,0 pada 5 Agustus; gempa utama kedua dengan magnitudo 6,9 terjadi pada 19 Agustus.

Di antara gempa-gempa utama itu, ada sejumlah gempa susulan yang juga merusak signifikan. Yakni, gempa dengan magnitudo 5,9 pada 9 Agustus dan gempa dengan magnitudo 6,3 pada 19 Agustus.

“Sumber gempa dari Sesar Naik Flores yang di utara Lombok. Sesar ini memanjang dari Flores ke Lombok,” Sutopo menambahkan.

Menurutnya, gempa besar yang terjadi beruntun itu dikenal dengan gempa kembar (doublet earthquake). “Sumber gempa di dua segmen yang berbeda tetapi memiliki kekuatan yang hampir sama, jarak berdekatan, dan rentang waktu tidak terlalu lama,” jelasnya.

Sementara, lanjut Sutopo, telah terjadi 14 kali gempa susulan sejak gempa utama yang terakhir. “Saat merasakan guncangan gempa segera keluar rumah atau bangunan. Cari tempat yang aman. Dihimbau tetap tenang. Jangan terpancing hoax,” tandasnya. (cnnindonesia/ags/data2)

Check Also

BNPB: Pengungsi Akibat Bencana di Sulteng Butuh 18 Ribu Tenda Hunian

PALU – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut dibutuhkan 18 ribu tenda untuk memenuhi kebutuhan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: