_
Home / Waspadai Pemilih ‘Siluman’ saat Pilkada
WOL Photo

Waspadai Pemilih ‘Siluman’ saat Pilkada

PEMATANGSIANTAR, WOL – Penyelenggara Pilkada di Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun, diingatkan untuk mewaspadai masuknya pemilih dari daerah lain atau pemilih “siluman” pada 9 Desember 2015.

Koordinator Komite Pemilih Indonesia Pematangsiantar-Simalungun, Armada Purba, mengatakan, ada indikasi para pasangan calon kepala daerah mendatangkan banyak orang dari daerah lain, untuk mengurus KTP menjadi warga di kedua daerah tersebut. “Indikasi ini hasil investigasi di masyarakat,” tegas Armada, kemarin.

Dengan menjadi warga Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun, kata Armada para pasangan calon berharap massa yang dibawanya akan menjadi pemilihnya. “Ini harus diwaspadai oleh KPUD maupun Panwaslih di daerah ini (Pematangsiantar-Simalungun),” kata Armada.

Jika tidak disikapi, Armada memprediksi pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Simalungun, serta Walikota dan Wakil Walikota Pematangsiantar berjalan tidak bersih dan rawan gugatan.

Ketua Panwaslih Kabupaten Simalungun, Ulamatuah Saragih mengatakan, pihaknya menemukan adanya perbedaan data pemilih pada Pilpres dengan daftar penduduk potensial pemilih Pilkada (DP4), yang jumlahnya mencapai 100 ribu lebih. “Penambahan ini patut dipertanyakan, dan akan menjadi perhatian Panwaslih,” kata Ulamatuah.

Sementara Komisioner KPUD Kabupaten Simalungun, Puji Rahmat Harahap mengatakan, sesuai peraturan, masyarakat bisa memberikan hak pilihnya di TPS pada Pilkada, dengan menunjukan KTP.

Bagi warga yang baru beberapa bulan memilikinya kata Puji, belum dapat diputuskan apakah melanggar ketentuan atau tidak, dan pihaknya akan konsultasi ke KPU Sumut.

Ketua KPUD Kota Pematangsiantar, Mangasitua Purba menegaskan, pihaknya akan mengantisipasi dengan memperketat pengawasan dan penentuan pemilih yang akan diundang untuk memberikan hak pilihnya di TPS nanti.

“Kemungkinan itu memang ada, kita sudah instruksikan petugas pemutakhiran data pemilih untuk jeli dalam melakukan pendataan pemilih dan mewaspadai pendatang baru,” kata Mangasitua.(ant/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Panjat Pinang, Tradisi Kemerdekaan Tak Lekang Oleh Waktu

PERCUT SEITUAN, Waspada.co.id – Memeriakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74, berbagai cara unik dilakukan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.