Home / Tekan Jumlah Penderita Katarak, Martabe Gratiskan Operasi
WOL Photo

Tekan Jumlah Penderita Katarak, Martabe Gratiskan Operasi

MEDAN, Waspada.co.id – Tekan jumlah penderita katarak, PT Agincourt Resource, pengelola Tambang Emas Martabe gratiskan operasi mata kepada masyarakat di Rumah Sakit TNI Putri Hijau Medan, Kamis (11/10).

Operasi katarak gratis ini ditargetkan dapat memulihkan penglihatan lebih dari 1.200 mata. Program ini juga berkomitmen untuk ikut serta membantu pemerintah memberantas katarak di Sumatera Utara.

President Director PT Agincourt Resources, Tim Duffy, menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan tahun ketujuh untuk mendorong dan menekan jumlah katarak di Sumatera Utara.

“Selama 6 tahun penyelenggaraan program ini, kami telah menjadi saksi bagaimana mengembalikan pengelihatan sangat berpengaruh terhadap produktivitas dan peningkatan kualitas hidup masyarakat,” tuturnya.

Sejak 2011, total yang sudah mengikuti operasi katarak gratis Tambang Emas Martabe mencapai 7.311 mata dari 6.289 orang. Lebih dari 5.500 orang telah memiliki pemahaman dasar mengenai katarak melalui Pekan Informasi Katarak 2018.

“Dan lebih dari 20.000 orang mengikuti pemeriksaan mata gratis. Secara total, telah lebih dari 25.000 orang memperoleh manfaat dari program ini,” ungkapnya.

Ditambahkan Senior Manager Communications PT Agincourt Resource, Katarina Siburian Hardono, pemeriksaan mata telah dimulai pada 10-11 Oktober 2018 di Rumah Sakit TNI Putri Hijau dan bersamaan dengan operasi katarak yang dilaksanakan di Padangsidempuan.

“Semalam sudah 50 pasien di operasi, dan hari ini target operasi sekitar 200 pasien jadi totalnya 250 pasien, tapi justru melebihi target, sudah sampai 300 pasien dan lebih dari 400 mata untuk di Medan, tapi untuk kegiatan secara keseluruhan sekitar 1.200 pasien,” tambahnya.

Pemeriksaan mata dan operasi katarak gratis ini untuk seluruh lapisan semua usia, karena pernah mengoperasi paling muda usia 8 bulan dan tertua 108 tahun. Dan tidak memberikan batasan berapa banyak orang dalam satu keluarga yang bisa dioperasi.

“Kegiatan ini juga melibatkan lebih dari 200 relawan yang merupakan karyawan dan mahasiwa berbagai perguruan tinggi. Para relawan akan membantu pasien mulai dari proses pemeriksaan mata, operasi, hingga pasca operasi katarak,” jelasnya.

“Kegiatan ini bekerjasama dengan pihak pihak TNI, dan bagi masyarakat yang ingin mengikuti pemeriksaan mata dan operasi katarak gratis baik untuk diri sendiri maupun anggota keluarga, bisa mendatangi dan menghubungi koramil atau mendatangi lokasi yang sudah ditentukan dengan membawa identitas,” pungkasnya.(wol/eko/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Zumi Zola Dieksekusi ke Lapas Sukamiskin Bandung

  JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan eksekusi terhadap terpidana kasus suap dan gratifikasi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: