_
Home / Siapa Sangka, Roti John Camilan Favorit Prajurit Perang yang Kini Hype
Roti John yang tengah hype (Foto: @jalan2surabaya/Instagram)

Siapa Sangka, Roti John Camilan Favorit Prajurit Perang yang Kini Hype

Roti john salah satu kuliner yang lagi hype di kalangan milenial nih sekarang. Tapi tahukah kamu sejarah adanya hidangan roti yang menggiurkan itu?

Siapa sangka Okezoners, hidangan roti john ternyata sudah populer di masa perang zaman dulu. Dilansir Okezone dari National Archive Of Singapore, Jumat (8/2/2019), ada seorang Muslim India berkulit putih yang membuka warung di daerah Koek Road, Singapura.

Kemudian, setiap Kamis sekumpulan para prajurit biasa pergi ke klub Union Jack yang berada di North Bridge Road, tepatnya belakang Capitol Cinema. Setelah itu, mereka jalan kaki melewati Koek Road.

Mereka sengaja membeli setengah roti khas Perancis dengan omelet di dalamnya. Lalu, roti itu dibawa sebagai hidangan khas makan malam sampai jadi tren.

Saat menyebutkan pesanannya, para prajurit itu biasa melontarkan kata “roti” yang berarti hidangan roti yang diinginkan dan “john” orang berkulit putih. Dengan kata lain roti yang populer itu, sudah dijuluki roti john oleh para penggemarnya.

Tetapi ada hal yang dianggap Abdul menjengkelkan saat para prajurit itu memesan hidangan spesial itu. Sambil berkata “Ya Roti”, Abdul memecahkan satu telur di kaleng saat orang kulit putih yang menyebut pesanannya. Kalau orang Asia yang memesan, dia akan memberi dua telur sekaligus.

Terlepas dari itu, memang banyak versi asal-usul roti john yang sampai sekarang makanan itu populer. Menurut cerita lain dari tahun 1960-an, roti john pertama kali disajikan ketika seorang penjaja Melayu di Sembawang, memasak sandwich telur dadar khusus untuk orang Inggris yang ingin makan burger.

Media setempat melaporkan bahwa hidangan itu dapat dibeli di daerah-daerah yang jadi tempat berkumpulnya banyak prajurit Inggris. Seperti di Changi, Alexandra, Nee Soon, Sembawang, Bedok, dan Orchard Road.

Kemudian hidangan itu terkenal seantero Singapura, yang juga dijuluki sebagai sajian hot dog lokal. Siapapun yang membeli, para pedagang akan memasak roti panjang, kemudian diberi topping telur dadar, daging cincang, keju yang meleleh sampai disiram saus sambal dan mayones biar tambah enak.

Kemudian, belakangan roti john itu jadi populer di banyak tempat. Salah satunya Indonesia, di beberapa kota besar banyak penjual roti john sampai viral.

Salah satu yang terkenal di media sosial adalah roti john di kawasan Kodam, Surabaya. Cara masaknya yang jadi sorotan.

Roti John

(Foto: @rotijohnnowsuroboyo/Instagram)

Dalam satu penggorengan yang datar dan besar, roti john panjang dimasak bebarengan. Pertama telur dadar yang dicampur daun bawang dituang melimpah ruah menutupi bagian penggorengan.

Satu per satu lembaran roti john diletakkan di atas telur setengah matang. Kemudian, rotinya diangkat dan diberi topping keju yang melimpah. Serta daging cincang yang banyak dan disiram saus pedas, ditambah mayones.

Ukuran roti john yang panjang itu pasti bikin orang penasaran. Kebayang kan, rasanya pasti enak dan bikin ngiler!

Check Also

Panjat Pinang, Tradisi Kemerdekaan Tak Lekang Oleh Waktu

PERCUT SEITUAN, Waspada.co.id – Memeriakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74, berbagai cara unik dilakukan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.