Breaking News
Home / Uncategorized / Semarak Halloween, Buah Labu Ternyata Sehat Untuk Tubuh
foto: istimewa
foto: istimewa

Semarak Halloween, Buah Labu Ternyata Sehat Untuk Tubuh

WOL – Halloween yang diperingati setiap tanggal 31 Oktober identik dengan buah labu sebagai hiasan dalam perayaannya. Namun tahukah anda, selain bisa dimanfaatkan sebagai aksesori, buah labu juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Mengutip dari Daily Mail, labu diketahui mengandung vitamin A yang dikenal untuk membantu mencegah penuaan. Bijinya bahkan mengandung kadar tinggi antioksidan yang melindungi tubuh terhadap kanker.

Kira-kira apa saja manfaat labu untuk kesehatan? Berikut ulasan lengkapnya.

Rendah kalori

Labu terkenal dengan rendah kalori dan mengandung tinggi karbohidrat, ini menjadi alasan mengapa mereka yang tengah menjalani program diet wajib mengonsumsi labu.

Ahli gizi berbasis di London, Cassandra Barns mengatakan, buah ini juga mengandung serat tinggi, sekitar tiga gram per satu porsi cangkir sehingga akan membantu anda tetap kenyang lebih lama.

Baik untuk kulit

Labu mengandung beta-karoten tinggi yang diubah menjadi vitamin A. Nutrisi ini dikenal untuk mencegah kerusakan sel-sel kulit yang dapat mengakibatkan penuaan.

Hal ini memungkinkan kulit untuk terlihat tetap segar, dan memungkinkan menyembuhkan kulit yang luka lebih cepat.

Antioksidan alami

Minyak biji labu diketahui tinggi kandungan gamma-tocopherol yang biasa dikenal sebagai bentuk vitamin E. Antioksidan ini diketahui mampu melindungi tubuh dari beberapa jenis kanker.

Penelitian sebelumnya telah menemukan senyawa yang ada dalam labu dapat mengurangi peradangan dan melindungi tubuh terhadap beberapa jenis kanker.

Membangkitkan suasana hati

Magnesium sering dikenal sebagai pembangkit mood atau suasana hati alami dan dapat pula membantu meringankan gejala depresi. Ahli gizi berbasis di London Ms Barns juga mengatakan. “Biji labu adalah salah satu sumber terbaik.”

Jika anda merasa sedih atau suasana hati sedang tak menentu, labu mungkin bisa meredakan kesedihan anda.

Baik untuk mata

Beta-karoten yang ditemukan di labu dapat membantu untuk meningkatkan kesehatan mata dan memperlambat penurunan fungsi retina yang dapat menyebabkan kebutaan.

Seperti diketahui beta-karoten, dikonversi tubuh menjadi vitamin A, yang kemudian lebih lanjut disalurkan ke dalam retinol. Hal ini membantu untuk meningkatkan kesehatan mata kesehatan dan memperlambat penurunan fungsi retina.

Menyehatkan jantung

Antioksidan dalam labu dapat memiliki efek perlindungan untuk seluruh tubuh, termasuk jantung dan pembuluh darah. Labu juga tinggi serat yang dapat membantu menjaga kadar kolesterol tetap normal.

Membantu sistem kekebalan tubuh

Vitamin A dan C, keduanya ditemukan dalam jumlah tinggi pada labu. Dianggap penting untuk pemeliharaan sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Konsumsi vitamin A dan C dari labu dapat menjadi cara yang bagus untuk menangkis virus di musim dingin. (viva/ags/sari/data2)

Check Also

Pisang pilihan untuk sarapan (foto: Ist)

Cegah Serangan Jantung Dengan Konsumsi Pisang Secara Rutin

WOL – Jika selama ini, konsumsi pisang hanya dianggap selingan, ada baiknya ubah pandangan tersebut. ...

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.