_
Home / Personel TRC Aceh Utara Resmi Dilantik
WOL Photo/chairul sya'ban

Personel TRC Aceh Utara Resmi Dilantik

LHOKSUKON,WOL – Personel Tim Reaksi Cepat Pekerja Sosial Masyarakat (TRC-PSM) Kabupaten Aceh Utara, resmi dilantik oleh Ketua Umum Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Kabupaten Aceh Utara, Sahani ST, di Aula Kesatuan Bangsa Politik Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol Linmas) Aceh Utara, Senin (15/05).

Dalam laporannya, Sahani ST, mengatakan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya Satgas TRC-PSM senantiasa menetapkan prinsip-prinsip pekerja sosial yang sesuai dengan nilai dan norma kepribadian yang berlaku di Kabupaten Aceh Utara.

“Satgas TRC-PSM dalam melaksanakan tugasnya, juga bertanggungjawab kepada pengurus IPSM Aceh Utara dan berkoordinasi dengan Kepala Pelaksana BPBD, Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, serta dinas terkait dalam wilayah Aceh Utara,” terangnya dalam membacakan Surat Keputusan.

Ditambahkan, personel TRC-PSM dilantik sebagaimana dalam rangka meningkatkan kualitas serta memantapkan fungsi Pekerja Sosial Masyarakat sesuai dengan kecendrungan perkembangan dan kompleksitas permasalahan kesejahteraan yang dihadapi.

“Maka dipandang perlu adanya kerja sama yang lebih tepat waktu dan tepat sasaran, terpadu, terarah, serta berkesinambungan,” tambahnya.

Satgas TRC-PSM masing-masing mempunyai tugas diantaranya pengkajian segera diawal setelah terjadinya bencana, melaksanakan kampanye penanggulangan bencana dan pengungsian berbasis masyarakat, melaksanakan tugas-tugas  kemanusiaan tanpa mengharapkan imbalan dan penuh dengan keiklhasan.

“Kemudian menyelenggarakan berbagai program pelatihan dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan strategi penanggulangan kebencanaan baik bencana alam, sosial dan konflik. Serta merencanakan dan melaksanakan koordinasi dengan semua stakeholder yang terkait,” tukas Sahani.

Acara yang turut mengusung tema “Meningkatkan Kualitas Pekerja Sosial Masyarakat Dalam Rangka Menyelenggarakan Kesejahteraan Sosial Masyarakat Aceh Utara Yang Berkeadilan dan Bermartabat” turut dihadiri anggota Komisi IX DPR RI asal Aceh, Tgk H Khaidir Abdurrahman SP, Tgk. H. Sudirman atau Haji Uma, perwakilan Bupati Aceh Utara dan para pemuda yang tergabung dalam IPSM Aceh Utara.(wol/chai/data1)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Panjat Pinang, Tradisi Kemerdekaan Tak Lekang Oleh Waktu

PERCUT SEITUAN, Waspada.co.id – Memeriakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74, berbagai cara unik dilakukan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.