Home / Perbaiki Kebobrokan Lapas, Dirjen PAS: Beri Kami Waktu
(Foto: Antara)

Perbaiki Kebobrokan Lapas, Dirjen PAS: Beri Kami Waktu

Agregasi

 

BANDUNG – Fasilitas mewah di Lapas Kelas I Sukamiskin, Kota Bandung, membuat publik kembali tercengang. Temuan KPK itu menjadi bukti bahwa lapas masih menjadi tempat bobrok yang nyaman bagi narapidana, khususnya narapidana koruptor.

Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham RI Sri Puguh Budi Utami mengatakan pihaknya akan melakukan berbagai pembenahan. Bukan hanya di Lapas Sukamiskin, hal serupa akan dilakukan untuk lapas seluruh Indonesia.

Atas kejadian di Lapas Sukamiskin, Kemenkumham menurutnya sudah meminta maaf kepada publik. Ia pun mengakui jika kinerja jajarannya belum maksimal.

Kini, Sri meminta publik memberi kepercayaan kepada jajarannya untuk melakukan perbaikan. Tujuannya agar tidak terjadi lagi kasus serupa di kemudian hari.

“Intinya, tolong kami diberi kesempatan dulu. Ketika kita diberi kesempatan dengan dukungan dan doa, mudah-mudahan apa yang diharapkan bisa kita realisasikan,” kata Sri usai menggelar razia di Lapas Sukamiskin, Minggu (22/7/2018) malam.

Salah satu langkah yang diambil, pihaknya akan melakukan penguatan integritas kepada jajarannya, khususnya di lapas. Evaluasi, monitoring, hingga pengawasan berkala pun akan terus dilakukan.

“Jadi, tolong nanti beri kami waktu dulu,” pinta Sri.

Berbagai sanksi pun akan diberikan kepada para pelanggar aturan, misalnya pemecatan, penurunan pangkat, hingga penundaan gaji. Di saat yang sama, penghargaan juga harus diberikan kepada mereka yang taat aturan.

Mulai malam ini, seluruh lapas di Indonesia sedang dilakukan penataan. Bahkan, inspeksi mendadak dilakukan untuk memastikan tidak ada lagi pelanggaran aturan.

“Ini dilakukan seluruh indonesia, malam hari ini seluruh (lapas dan rutan di) Indonesia sesuai instruksi Menkumham dilakukan penataan. Kembali kepada standar yang harus dijalankan oleh kita semuanya,” jelas Sri.

Ia pun berharap langkah dan semangat pembenahan juga sejalan dengan seluruh jajarannya, terutama yang ditempatkan di lapas dan rutan. Dengan begitu, perbaikan diharapkan akan benar-benar efektif.

“Mudah-mudahan dengan penataan ini mereka menyadari sepenuh hati,” harap Sri.

Check Also

Bus Masuk Jurang, 18 Orang Dievakuasi dan 6 Orang Dikabarkan Tewas

TOBASA, Waspada.co.id – Bus yang membawa rombongan dalam perjalanan menghadiri pesta pernikahan masuk jurang sedalam ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: