Home / Penyelamat Remaja di Thailand Dapat Tiket Gratis Seumur Hidup
abcnews

Penyelamat Remaja di Thailand Dapat Tiket Gratis Seumur Hidup

BANGKOK, Waspada.co.id – Penyelam yang membantu menyelamatkan 12 remaja Thailand dan pelatih sepakbolanya dari gua tempat mereka terperangkap selama berhari-hari diberi tiket pesawat gratis ke Thailand seumur hidup.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Pemerintah Thailand kepada dua penyelam Inggris, John Volanthen dan Jason Mallinson, sesaat sebelum pulang ke negaranya setelah sukses membantu evakuasi para remaja berusia 11-16 tahun tersebut.

“Ini untuk menunjukkan apresiasi kami. Perdana Menteri kami ingin Anda diberi ini,” kata Menteri Pariwisata Thailand, Wirasak Kowsoorad, Selasa (17/7).

“Terima kasih yang sebesar-besarnya atas bantuan Anda berdua. Ini penyelamatan yang sungguh luar biasa dan kami sangat berterima kasih. Anda akan kami sambut dengan tangan terbuka, kapan saja. Anda punya banyak sahabat di negara ini,” ucap Wirasak.

“Anggap saja ini tiket gratis ke Thailand yang berlaku seumur hidup,” tambah Menteri Transportasi Thailand, Arkhom Termpittayapaisith.

Ketika tiba di Bandara Heathrow di London, Volanthen tidak bisa menyembunyikan kelegaan dan kegembiraan karena semua remaja yang dinyatakan hilang sejak 23 Juni 2018 itu akhirnya ditemukan selamat pada 2 Juli lalu.

Misi evakuasi dari lokasi mereka yang jauh di dalam lorong gua yang banjir, yang digambarkan sebagai ‘misi tidak mungkin’, juga bisa dilaksanakan dengan baik. Meski banyak yang menyebut tim penyelam dan seluruh anggota Tim SAR sebagai pahlawan, dengan rendah hati Volanthen menolak sebutan tersebut.

“Bukan, kami bukan pahlawan. Yang kami lakukan adalah melakukan (misi evakuasi) secara penuh perhitungan dan dilakukan dengan sangat hati-hati,” ujar Volanthen yang sehari-harinya berprofesi sebagai konsultan teknologi informasi tersebut.

Bersama penyelam Inggris lain, Rick Stanton, Volanthen adalah dua penyelam pertama yang menemukan para remaja. Suaranya yang keras dan memecah keheningan dalam video yang viral membuat banyak orang merasa terharu. (wol/aa/bbc/data1)

Editor AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Bus Masuk Jurang, 18 Orang Dievakuasi dan 6 Orang Dikabarkan Tewas

TOBASA, Waspada.co.id – Bus yang membawa rombongan dalam perjalanan menghadiri pesta pernikahan masuk jurang sedalam ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: