Home / Uncategorized / Kemenhub: 3 Kriteria Penting Harus Dipenuhi Angkutan Transportasi Air
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (WOL Photo)

Kemenhub: 3 Kriteria Penting Harus Dipenuhi Angkutan Transportasi Air

MEDAN, Waspada.co.id – Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan Republik Indonesia akan mempertegas kewajiban angkutan transportasi termasuk air untuk menjaga keselamatan penumpang dengan tiga kriteria.

“Ada tiga kriteria yang harus dipenuhi transportasi air, seperti menetapkan jumlah maksimal penumpang, manifes, dan penyediaan pelampung yang sesuai dengan kapasitas penumpang,” ujar Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi kepada Waspada Online di Medan.

Ditegaskan, aturan itu akan ditetapkan dalam beberapa hari ini terhadap seluruh transportasi termasuk air.

“Pemerintah tidak ingin ada musibah lagi seperti tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba lima hari lalu,” tuturnya, Jumat (22/6).

Dan pengawasan ini akan dilakukan di bawah Dinas Perhubungan. Pasca tenggelamnya KM Sinar Bangun, saat ini, tim sedang dalam langka melakukan pengawasan, evaluasi, dan klarifikasi.

“Dan hari ini satuan TNI juga ikut turun membantu tim SAR, data terakhir yang kita peroleh tentang jumlah penumpang di KM Sinar Bangun, yang diterima tim ada 211 orang,” terangnya.

“Awalnya dinyatakan 141 dan hari ini ada tambahan 70 orang, dan kita akan terus berupaya mencari korban yang belum ditemukan serta mencari tahu KM Sinar Bangun yang karam dengan beberapa teknik alat canggih,” pungkasnya.(wol/eko/data2)

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Perpanjang 3 Hari, Basarnas Siapkan 220 Personel Cari Korban Lion Air

  JAKARTA – Badan SAR Nasional (Basarnas) kembali memperpanjang masa pencarian korban dan serpihan pesawat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: