Home / Jokowi Akan Lawan Kotak Kosong Jika Hal Ini Terjadi
Istimewa

Jokowi Akan Lawan Kotak Kosong Jika Hal Ini Terjadi

JAKARTA, Waspada.co.id – Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Djayadi Hanan menilai terjadinya calon tunggal di pemilu 2019 sangat kecil terjadi melihat situasi politik saat ini.

Ia mengatakan, minimal setidaknya ada empat syarat yang mampu memicu terjadinya calon petahana Joko Widodo (Jokowi) melawan kotak kosong di pilpres nanti.

“Hal pertama yang mampu memicu ialah ambang batas 20 hingga 25 persen tidak dibatalkan MK, itu membuka jalan. Kelihatannya melihat waktu, dugaan politik saya akan tetap ambang batas ini,” ujar Djayadi di Kantor Para Syndicate, Jakarta Selatan, Jumat (20/7).

Syarat kedua ialah seluruh partai koalisi solid menyatakan dukungan untuk Jokowi di pilpres dan tidak ada satupun parpol yang berniat keluar dengan mendukung calon lainnya.

Menurutnya, syarat kedua yang memastikan seluruh parpol koalisi solid mendukung Jokowi sangat mungkin terjadi. “Syarat ketiga, Gerindra ditinggal sendiri. Misalnya, PKS ke Jokowi, Demokrat ke Jokowi, PAN tetap ke Jokowi,” katanya.

Adapun syarat berikutnya ialah ada dua partai di luar Gerindra yang tertinggal tidak mendukung calon petahan saat pilpres mendatang.

“Bisa Demokrat, PAN dan PKS. Nah, faktor ketiga dan keempat terjadi kayaknya sulit. Gerindra misalnya ditinggal sendiri, PKS meninggalkan Gerindra ini agak rumit,” tandasnya.(inilah/ags)

Check Also

Bus Masuk Jurang, 18 Orang Dievakuasi dan 6 Orang Dikabarkan Tewas

TOBASA, Waspada.co.id – Bus yang membawa rombongan dalam perjalanan menghadiri pesta pernikahan masuk jurang sedalam ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: