_
Home / Jelang Pemilu 2019, BI Sumut Catat Penarikan Uang Stabil
Direktur Perwakilan Sumut, Andiwiana Septonarwanto.

Jelang Pemilu 2019, BI Sumut Catat Penarikan Uang Stabil

MEDAN, Waspada.co.id – Dua pekan jelang Pemilihan Umum (pemilu), Bank Indonesia Perwakilan Sumatra Utara mencatat penarikan uang oleh bank terbilang stabil.

Berdasarkan data Bank Indonesia, penarikan uang oleh bank periode 1-15 April 2019 tercatat senilai Rp 2,421 triliun. Tapi untuk setoran bank di periode yang sama mencapai Rp 2,399 triliun. Dengan begitu, netinflow (selisih penarikan dan setoran) tercatat senilai Rp 22 miliar.

Direktur Perwakilan Sumut, Andiwiana Septonarwanto, menuturkan penarikan uang jelang pemilu tahun 2019 memang lebih tinggi jika dibandingkan dengan pemilu tahun 2014.

“Karena pada periode 23 Juni 2014 hingga 8 Juli 2014, penarikan uang oleh bank tercatat senilai Rp 1,488 triliun. Tapi untuk setoran di periode itu mencapai Rp 736,740 miliar sehingga netinflow-nya mencapai Rp 751 miliar,” tuturnya kepada Wartawan, Selasa (15/4).

Netinflow yang lebih tinggi di tahun 2014 karena saat itu gelarannya berdekatan dengan kebutuhan akhir bulan. Selain itu, pemerintah juga menarik dana untuk pembayaran proyek-proyek

“Uang yang ditarik ini tidak otomatis menggambarkan perorangan atau lembaga. Karena itu uang yang dikelola bank. Jadi tidak bisa memastikan apakah peruntukannya untuk pemilu atau tidak, karena memang datanya ada pada masing-masing bank,” katanya.

Ditambahkan Andi, sampai saat ini belum ada terlihat lonjakan untuk penarikan uang di periode 1-15 April 2019.

“Perbankan memperkirakan akan terjadi pengambilan uang yang cukup besar pada pemilu tahun ini karena berdekatan dengan libur Paskah. Karena itu, BI akan menyediakan berapa pun kebutuhan bank,” tambahnya.

Dan pecahan paling banyak ditarik bank adalah Rp 100.000 dan Rp 50.000. Itu berarti penarikannya banyak untuk keperluan ATM.

“Pecahan yang kecil-kecil mutasi keluar masuk frekuensinya relatif normal.

Melonggarkan bank untuk mengambil stok di atas kebiasaan normal mereka untuk mengantisipasi kebutuhan uang selama libur panjang pasca pemilu,” tandasnya.(wol/eko/data2)

Check Also

Panjat Pinang, Tradisi Kemerdekaan Tak Lekang Oleh Waktu

PERCUT SEITUAN, Waspada.co.id – Memeriakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74, berbagai cara unik dilakukan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.