Home / Inilah Camilan Terbaik Kedua di AS, Keripik Ubi Ungu Indonesia
foto: istimewa

Inilah Camilan Terbaik Kedua di AS, Keripik Ubi Ungu Indonesia

Waspada.co.id – Keripik ubi ungu kini tak cuma renyah sebagai oleh-oleh. Kini keripik ubi ungu sudah berhasil merenyahkan nama Indonesia di New York, Amerika Serikat.

Keripik ubi ungu produksi perusahaan Indonesia meraih penghargaan Silver, atau peringkat ke-2 makanan camilan terbaik, Specialty Outstanding Food Innovation (SOFI) Awards kategori Savory Snack. Penghargaan ini diberikan pada pameran Summer Fancy Food Show (SFFS) 2018 di Javits Convention Center, New York, Amerika Serikat.

SFFS merupakan pameran makanan dan minuman terbesar untuk produk “specialty food” di Amerika Utara.

Atase Perdagangan Washington DC, Reza Pahlevi, dalam keterangan tertulis di Jakarta, mengatakan bahwa produk keripik ubi ungu yang memenangkan penghargaan adalah Organic Purple Sweet Potato milik Jans Enterprise.

Produk tersebut menggunakan bahan baku ubi ungu organik asal Jawa Barat yang diolah dengan minyak kelapa organik tanpa perasa tambahan maupun pengawet.

“Pemberian penghargaan kepada keripik ubi ungu produksi perusahaan Indonesia ini menjadi contoh keberhasilan produk Indonesia di luar negeri. Dalam hal ini, produsen berhasil menyesuaikan produknya dengan pasar specialty food AS yang lekat dengan predikat produk sehat,” kata Reza dikutip dari Antara.

Untuk bisa menembus pasar AS, keripik ubi ungu Jans Enterprise ini juga sudah memiliki sertifikat organik Departemen Pertanian AS, bebas gluten, ramah vegan, dan bebas rekayasa genetik.

Potensi besar
Keripik ubi ungu dianggap punya potensi besar di AS dan bahkan di negara-negara lain. Pasalnya, saat ini konsumen semakin peduli akan produk yang sehat, mengedepankan pelestarian lingkungan dan dapat diketahui proses penanaman, pemrosesan, serta pengemasannya.

“Selain itu juga serta berkontribusi terhadap pemberdayaan masyarakat. Saya turut bangga melihat produk-produk makanan dan minuman Indonesia telah diterima di pasar AS, bahkan berhasil menerima penghargaan,” kata Duta Besar RI Washington DC, Budi Bowoleksono.

Selain itu, produk keripik daun singkong produksi Nanduto Home Cooking juga mendapat sorotan dalam pameran SFFS 2018. Produk Cassava Leaves Chips tersebut dimasukkan ke dalam daftar Specialty Food Association (SFA) Trendspotter Panel sebagai salah satu makanan “emerging trends on the radar” berbahan baku tumbuhan. (cnnindonesia/ags/data2)

Check Also

Bus Masuk Jurang, 18 Orang Dievakuasi dan 6 Orang Dikabarkan Tewas

TOBASA, Waspada.co.id – Bus yang membawa rombongan dalam perjalanan menghadiri pesta pernikahan masuk jurang sedalam ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: