_
Home / Di Nias Barat, Infrastruktur Jadi Prioritas Utama
foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu

Di Nias Barat, Infrastruktur Jadi Prioritas Utama

NIAS BARAT, Waspada.co.id – Pembangunan infrastruktur menjadi prioritas utama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) tahun ini. Termasuk pembangunan sejumlah infrastrukrur yang ada di Nias Barat, seperti jembatan Maro’o dan Oyo.

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Musa Rajekshah, saat kunjungan kerja ke Nias Barat, Selasa (21/5).

“Tahun ini Pemerintah Provinsi Sumatera Utara akan fokus membangun infrastruktur. Memperbaiki jembatan Maro’o dan jembatan Oyo akan jadi prioritas, karena infrastruktur sangat penting untuk menunjang pertanian dan pariwisata, kalau dalam anatomi tubuh, jalan ini adalah urat nadi kehidupan,” ujar Wagub di halaman Kantor Bupati Nias Barat, Jalan Raya Onolimbu, Lahomi, Nias Barat.

“Tahun ini juga akan dilakukan pengaspalan jalan menuju Nias Barat. Saya pastikan, karena jalannya paling membuat saya akan terus teringat dan akan susah dilupakan,” ucap Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck.

Dalam sambutannya, Ijeck juga menyampaikan agar Pemkab Nias Barat juga sedikit bersabar dalam hal pembangunan. Karena adanya keterbatasan anggaran yang tersedia, sehingga pembangunan dilaksanakan secara bertahap.

“Ada keterbatasan di pemerintah, mungkin pembangunan infrastruktur tidak bisa selesai dalam setahun, kasih kami waktu, kalau bisa sebelum habis periode ini sudah selesai dan doakan agar PAD Sumut meningkat. Saya pun datang ke sini karena ingin mendengar tujuan pembangunan yang bisa diselaraskan dengan program Pemprov,” papar Ijeck.

Ke depannya, untuk menunjang peningkatan jumlah turis, Wagub akan mengarahkan Dinas Pariwisata Sumut untuk menggelar pelatihan ke masyarakat. Nanti, warga akan diajari cara menerima kedatangan tamu dari luar, agar banyak turis datang ke sini karena Nias sangat indah.

“Sudah lama kami menantikan kehadiran Bapak Wagub Sumut, dengan hadirnya Bapak, membuat kami semakin yakin bahwa ada komitmen Pemprov Sumut membangun Nias Barat. Sebab kurang dari setahun, sudah bolak balik pimpinan yang datang ke sini,” ucap Bupati Nias Barat, Faduhusi Daely, menyampaikan harapannya.

Bupati juga menyampaikan kabar gembira, bahwa tahun ini akan memulai pembangunan rumah sakit umum pertama Nias Barat. Disebutkan, jarak dengan Gunungsitoli yang jauh harus ditempuh dua jam, sehingga banyak yang meninggal di tengah jalan.

Untuk persiapan Sail Nias 2019, Nias Barat mendapat bagian sebagai penyelenggara Perlombaan Marathon Pantai. Selain itu, Nias Barat akan jadi tuan rumah pesta budaya Ya’ahowu Nias Festival 2019.

Sebelum meninggalkan lokasi, Ismael Parenus Sinaga selaku Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Sumut menghadiahi Disdukcapil Nias Barat alat pencetak e-KTP untuk menunjang kinerjanya. (wol/aa/data2)

editor: AUSTIN TUMENGKOL

Check Also

Panjat Pinang, Tradisi Kemerdekaan Tak Lekang Oleh Waktu

PERCUT SEITUAN, Waspada.co.id – Memeriakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74, berbagai cara unik dilakukan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.