Home / Anak Denada Leukemia, Orangtua Perlu Lakukan Ini untuk Mencegahnya
Ilustrasi (Foto: Healthline)

Anak Denada Leukemia, Orangtua Perlu Lakukan Ini untuk Mencegahnya

agregasi

 

ANAK Penyanyi Denada, Shakira Aurum terdiagnosa leukemia. Ini seharusnya jadi pelajaran bagi orangtua lainnya supaya mencegah faktor risiko penyakit tersebut.

Leukemia pada dasarnya terjadi karena kondisi sumsum tulang tidak mendapat suplai darah merah yang cukup, karena dijajah sel kanker. Penyakit ini rentan diderita anak-anak mulai dari usia bayi, balita dan anak remaja. Tapi tak terkecuali orang dewasa juga rentan mengalaminya.

Sebagai langkah pencegahan, setiap orangtua harus benar-benar menjaga gaya hidup si anak. Terlebih dari pola makannya, harus membatasi makanan pabrikan yang dikemas hingga diawetkan.

Ahli Onkologi Anak dr Elizabeth Yohmi SpA dari RS Carolus Jakarta mengatakan, langkah pencegahan dari semua jenis kanker termasuk leukemia yakni menjaga gaya hidup. Misalkan jauhkan anak dari kebiasaan makan junk food, produk makanan kemasan, makanan frozen, awetan, hingga makanan dengan cita rasa asin berlebihan.

“Kita harus hidup lebih sehat, makan homade, pemberian ASI eksklusif juga salah satu pencegahan terjadinya kanker,” ujar dr Yohmi saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (18/7/2018).

Leukemia

Di samping dari pola makan, lingkungan sekitar juga mempengaruhi kesehatan anak. Misalnya kalau anak yang tinggal di dekat area pabrik, paparan asbestosnya yang berbahaya.

dr Yohmi menyarankan, agar anak-anak tidak keluar rumah saat tidak ada keperluan, kalau saja keluar rumah harus menggunakan masker, hindari tinggal di lingkungan dekat pabrik, dan sebagainya.

“Termasuk perabotan rumah tangga atau cairan pembersih apapun juga jadi pencetus kanker. Tapi ini salah satu faktor risiko yang harus dicegah sejak dini,” terangnya.

Berdasarkan data dari berbagai instansi di dunia kesehatan menyebutkan, anak-anak rentan sekali menderita leukemia. Ini merupakan penyakit kanker paling ganas, bisa menjajah sel sehat dalam tubuh manusia.

Check Also

Bus Masuk Jurang, 18 Orang Dievakuasi dan 6 Orang Dikabarkan Tewas

TOBASA, Waspada.co.id – Bus yang membawa rombongan dalam perjalanan menghadiri pesta pernikahan masuk jurang sedalam ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: