Home / Uncategorized / 88 Gempa Susulan Goyang Lombok Setelah Guncangan 6,9 SR
Foto: Okezone News

88 Gempa Susulan Goyang Lombok Setelah Guncangan 6,9 SR

agregasi

 

JAKARTA, Waspada.co.id – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat sudah terjadi 88 gempa susulan di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), sejak gempa 6,9 skala Richter (SR) yang terjadi Minggu 29 Agustus 2018 Pukul 21.56 WIB hingga pagi ini, Senin (20/8/2018). Dari puluhan gempa tersebut, delapan gempa terasa kuat guncangannya.

“Hingga Pukul 07.00 WIB ada sekitar 88 ‎gempa susulan dan delapan gempa di antaranya dirasakan (kuat),” kata Kabag Humas dan Informasi BMKG Pusat, Hari Tirto Djatmiko kepada Okezone, Senin (20/8/2018).

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam cuitannya membagikan gambar yang menunjukkan titik gempa susulan tersebut. Puluhan titik berwarna merah terlihat di peta, menunjukkan posisi gempa susulan terjadi.

Foto: BMKG

Sebelumnya Kabid Gempa Bumi dan Tsunami PVMBG Sri Hidayati mengatakan, guncangan dari gempa-gempa tersebut terasa cukup besar karena pusat gempa berada di darat. Selain itu, kondisi daerah yang tersusun oleh batuan sedimen dan batuan metamorf berumur pratersier hingga tersier, dan aluvium berumur resen membuat goncangan semakin terasa.

Kerusakan Rumah Warga Dampak Gempa Susulan 6,5 SR di Lombok Timur

Dari hasil analisis PVMBG, berdasarkan posisi dan kedalamannya, sumber gempa bumi berasosiasi dengan zona sesar naik flores (Flores back-arc Thrust) yang berarah relatif barat-timur.

“Saat laporan ini dibuat, gempa bumi bumi ini telah menimbulkan bangunan roboh dan kebakaran di wilayah Pulau Bugin, Kecamatan Alas, Sumbawa Besar, akibat arus pendek listrik,” jelasnya.

(qlh/dv)

Check Also

Jokowi Targetkan Perbaikan Rumah Sakit Lombok Selesai Dalam 2 Bulan

  JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) terlebih dahulu meninjau perbaikan gedung Rumah Sakit Umum ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: