_
Home / 6 Makanan Ini Bikin Anda Sulit Tidur di Malam Hari
Istimewa

6 Makanan Ini Bikin Anda Sulit Tidur di Malam Hari

agregasi
agregasi

 

WAKTU tidur yang cukup dan berkualitas merupakan kunci untuk hidup sehat. Tidak jarang tekanan pekerjaan dan beban pikiran menjadi penghalang untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup serta berkualitas. Akibatnya, tubuh menjadi lemas dan tidak bersemangat di pagi hari.

Ternyata, selain beban pikiran, makanan juga dapat menyebabkan sulit tidur di malam hari. Makanan yang mengandung kafein sudah diketahui umum mampu mengganggu waktu tidur. Berikut beberapa makanan atau jenis makanan lain yang menyebabkan susah tidur, dinukil dari Elite Daily, Kamis (28/6/2018).

1. Kafein

Jenis makanan yang satu ini sudah tidak diragukan lagi dapat membuat Anda terjaga sepanjang malam. Kopi, minuman bersoda, minuman berenergi, dan beberapa jenis teh, dapat membuat Anda sulit memejamkan mata jika dikonsumsi menjelang tidur. Solusinya bisa diatasi dengan meminum teh herbal seperti teh bunga kamomil dan juga minum susu hangat.

2. Karbohidrat olahan

Terkadang, demi memuaskan rasa lapar pada malam hari, beberapa dari kita senang mengunyah snack seperti sereal atau biskuit. Pendiri SleepZoo, Chris Brantner menuturkan, jenis makanan tersebut dapat menyebabkan peningkatan insulin hingga berakibat sulit tidur.

Ia menerangkan, karbohidrat olahan biasanya mengandung banyak gula. Akibatnya, kadar gula dalam darah meningkat dan memicu produksi hormon kortisol pada tubuh. Hormon yang bersifat stres itu menyebabkan hormon melatonin yang mendorong tubuh untuk tidur menjadi berkurang.

3. Cokelat hitam

Makanan ini sering dianjurkan bagi penderita diabetes atau yang memiliki gula darah tinggi dalam darah. Cokelat hitam diklaim lebih menyehatkan daripada susu atau cokelat putih. Namun, patut diingat bahwa cokelat hitam juga mengandung kafein.

4. Terlalu banyak minum air

Minuman yang mengandung kafein memang tidak baik sebelum tidur. Tetapi, air putih juga dapat membuat Anda sulit tidur. Tentu apabila air yang Anda minum terlalu banyak. Walau membuat Anda tetap terhidrasi, minum terlalu banyak air berpotensi mendorong Anda bolak-balik kamar mandi untuk pipis.

5. Makanan berlemak

Sebisa mungkin hindari makanan yang digoreng dan berlemak sebelum tidur. Menurut ahli nutrisi, Lyssie Lakatos dan Tammy Lakatos, makanan berlemak tinggi butuh waktu lama untuk dicerna. Selain itu, makanan berlemak tinggi dapat menyebabkan perut kembung hingga gangguan pencernaan.

6. Makanan pedas

Rasa pedas tidak bisa dipisahkan dari makanan masyarakat Indonesia. Tapi, makanan pedas juga menyebabkan Anda sulit tidur. Sebab, makanan pedas akan mengganggu sistem pencernaan Anda pada malam hari.

Ahli nutrisi, Erin Palinski-Wade mengatakan, makanan pedas akan membuat suhu inti tubuh Anda meningkat. Artinya, Anda akan merasakan panas seperti makanan yang dimakan sebelumnya. Ia menambahkan, tubuh secara alami akan menurunkan suhunya ketika hendak tidur, tetapi makanan pedas yang sedang dicerna justru akan membuat Anda terjaga.

Check Also

Panjat Pinang, Tradisi Kemerdekaan Tak Lekang Oleh Waktu

PERCUT SEITUAN, Waspada.co.id – Memeriakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74, berbagai cara unik dilakukan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.