Home / Sumut / YPSIM Peringati HUT ke-31 Sebagai Tahun Sosial
Istimewa

YPSIM Peringati HUT ke-31 Sebagai Tahun Sosial

MEDAN, Waspada.co.id – Hari Ulang Tahun (HUT) Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda (YPSIM) ke-31 kali ini diperingati sebagai tahun sosial.

Karena itu banyak bakti sosial digelar secara spesial termasuk memangkas anggaran perayaan untuk disumbangkan ke korban bencana gempa bumi di Lombok.

Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan yang juga sebagai Ketua Dewan Pembina YPSIM, dr Sofyan Tan mengajak ribuan siswa dan masyarakat untuk berpanas-panasan dan rela tidak makan enak di perayaan ulang tahun kali ini. Demi berempati pada korban bencana gempa bumi di Lombok yang masih membutuhkan uluran tangan.

“Biarlah kami berpanas-panasan di sini untuk merasakan juga apa yang dirasakan mereka (korban bencana) di sana (Lombok). Kita juga tidak pakai acara makan-makan karena yang membutuhkan itu mereka di sana. Ayo sejenak kita berpanas-panasan dan rela tidak makan enak demi mereka,” kata Sofyan Tan di sela-sela perayaan HUT YPSIM ke-31 25 Agustus 1987-25 Agustus 2018 di Sekolah Sultan Iskandar Muda, Jalan Bakul, Medan, Minggu (26/8).

Sofyan Tan mengaku sangat terharu dengan peringatan ulang tahun yang disebutnya sebagai tahun sosial. Karena siswa, orangtua siswa, masyarakat, para donatur dari pihak swasta dan secara khusus Fakultas Kedokteran (FK), Universitas Sumatera Utara (USU) ikut membantu memeriahkan acara dengan kegiatan bakti sosial. Untuk bantuan ke Lombok sudah terkumpul puluhan juta rupiah yang diambil dari penghematan anggaran perayaan ulang tahun dan sumbangan para siswa yang hingga kini terus bergulir.

Masyarakat dengan hati yang tulus ikut mendonorkan darahnya dalam rangkaian kegiatan HUT YPSIM. “Saya merinding dengarnya terharu. Ada tukang becak yang datang donor darah dan pas ditanya kenapa ikut, dia bilang selama ini sekolah dan Sofyan Tan sudah banyak bantu dia jadi hari ini dia hanya bisa bantu dengan sumbangkan darahnya,” ungkap Sofyan Tan yang juga Anggota Komisi 10 DPR RI itu.

Secara spesial Sofyan Tan juga menyampaikan terimakasihnya ke FK USU yang dihadiri langsung Wakil Dekan I Dr dr Imam Budi Putra SpKK yang bersedia menurunkan 55 dokter spesialis untuk bakti sosial memberikan pengobatan gratis bagi warga di sekolah. Kehadiran para dokter spesialis mulai dari spesialis anak, internist, paru, THT, kulit kelamin dan lainnya menambah spesial peringatan HUT YPSIM di tahun sosial. Karena ratusan warga merasakan langsung mudahnya mendapatkan layanan dokter spesialis tanpa harus keluar uang dan tidak perlu syarat administrasi yang terkadang bikin rumit.

Wakil Dekan I Fakultas Kedokteran USU Dr dr Imam Budi Putra SpKK menyampaikan ucapan selamat kepada Sofyan Tan dan YPSIM atas HUT ke-31. Pihaknya hanya bisa memberikan bantuan dokter spesialis sebagai bagian dari bakti sosial di sekolah.

Solahuddin, warga Jalan Gaperta mengaku senang mendapat layanan dokter spesialis gratis di sekolah. Bahkan dianggap lebih mudah dibanding dengan layanan BPJS Kesehatan. Jika pakai BPJS Kesehatan aturannya sangat ketat dan tidak bisa periksa ke dua dokter atau poliklinik yang berlainan di hari yang sama, di YPSIM dirinya bisa berobat dengan dua dokter spesialis berbeda.

“Ini mau ke internist sama THT. Kalau di BPJS mana bisa gini sehari dua dokter,” ujar Solahuddin yang anaknya juga bersekolah di SMA YPSIM.

Dalam rangkaian acara HUT YPSIM ke-31, digelar berbagai perlombaan seperti stand up comedy, lomba karaoke, gerak jalan santai, lucky denga beragam hadiah menarik seperti sepeda motor Yamaha, dua sepeda gunung, kultas, TV, mesin cuci dan lainnya. Azly Takaesif, siswa kelas 5 SD mendapatkan hadiah utama sebuah motor matic Yamaha Mio.(wol/Eko/data1)
Editor:RIDIN

Check Also

Ribuan Warga Kurang Mampu di Marelan Dapat Paket Sembako

MEDAN, WOL – Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, membagikan paket sembako kepada 2.000 warga kurang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.
%d bloggers like this: