_
Home / Sumut / Wali Kota Temui Pimpinan Ponpes Pesantren Musthafawiyah Purba Baru
WOL Photo

Wali Kota Temui Pimpinan Ponpes Pesantren Musthafawiyah Purba Baru

PANYABUNGAN, WOL – Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengunjungi Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru di Desa Purba Baru, Kecamatan Lembah Sorik Merapi, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Kamis (4/6).

Selain bersilaturahmi dan ingin melihat para santri yang tengah menimba ilmu di pesantren yang telah banyak mencetak ulama di Indonesia tersebut, Wali Kota juga menziarahi makam pendiri Pondok Pesantren Musthafawiyah yakni almarhum Syeikh Musthafa bin Husein bin Umar Nasution Al-Mandaily.

Namun keinginan Wali Kota untuk melihat santri belajar urung dilaksanakan, sebab para santri yang berjumlah sekitar 10.000 itu tengah berkemas-kemas pulang kerumahnya masing-masing menyusul liburan panjang dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1436 H. Para santri baru kembali masuk pesantren dua minggu setelah lebaran.

Kedatangan Wali Kota disambut H Mustafa Bakri Nasution, cucu almarhum Syeikh Musthafa bin Husein bin Umar Nasution Al-Mandaily yang kini menjadi Pimpinan Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru didampingi para guru. Sebelum bertemu dengan Mustafa, mantan Sekda Kota Medan ini lebih dahulu menziarahi makam almarhum Syeikh Musthafa bin Husein bin Umar Nasution Al-Mandaily yang berada persis di pinggir Jalan Lintas Medan-Padang, persisnya depan Pondok Pesantren Musthafawiyah.

Eldin berziarah didampingi Afifuddin Lubis selaku Dewan Kota, Asisten Pemerintahan Musadat Nasution, Asisten Kesejahteraan Masyarakat Erwin Lubis serta sejumlah pimpinan SKPD diantaranya Kadis Binas Marga Gunawan S Lubis, Kadis Bina Marga Khairul Syahnan, Kadis Perhubungan Renward Parapat, Kadis Pendapatan H.M Husni, Staf Ahli Bidang Hukumdan Politik Wali Kota Medan, Marah Husin Lubis serta Kadis Kebersihan Endar Sutan Lubis.

Selain berziarah, Eldin juga berdoa bersama yang dipimpin H Zulkarnain, salah seorang keluarga almarhum Syeikh Musthafa bin Husein bin Umar Nasution Al-Mandaily. Usai berziarah, Wali Kota selanjutnya mengunjungi kediaman Pimpinan Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru yang berada persis di samping makam. H Mustafa Bakri Nasution didampingi istri menyambut gembira dengan penuh kekeluargaan orang nomorsatu di Pemko Medan tersebut.

Kepada H Zulkarnain, Wali Kota menyampaikan rasa salut dan apresiasinya karena pesantren yang didirikan 12 Nopember 1912 ini telah banyak menghasilkan ulama di Indonesia. Di samping itu tidak sedikit alumninya yang meneruskan pendidikan ke luar negeri seperti Mesir, Suriah, Yordania, Makah serta Maroko. Di tempat itu para santri, khususnya laki-laki menempati gubuk-gubuk kecil yang sangat sederhana sebagai tempat tinggal sekaligus berlatih dan menuntut ilmu agama Islam.

“Terus terang saya sangat senang sekali bisa berkunjung dan bersilaturahmi kemari. Saya berharap Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru dapat terus mencetak para santri yang menjadi cikal bakal ulama. Semoga pondok pesantren ini terus mnjalankan program programmnya dalam rangka memperkokoh keimanan dan ketakwaan masyaralat Sumatera Utara,” kata Wali Kota.

Kemudian Wali Kota menilai keberadaan Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru ini sangat strategis di tengah era globlisasi dan modernisasi saat ini. Dengan pendidikan Agama yang diperoleh, para santri tentunya dapat membentengi diri.

“Di samping itu para alumni yang dihasilkannya selain memiliki ilmu keagamaan yang cukup kuat dan berahlak mulia,juga berdaya saing dengan tempaan yangdiperoleh selama tujuh tahun menimba ilmu di Pondok Pesantren Musthafawiyah,” ungkapnya.

Pimpinan Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru, H Mustafa Bakri Nasution mengucapkan terima kasih atas kunjungan Wali Kota Medan beserta sejumlah jajarannya. Dikatakannya, keluarga besar Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru selalu menerima dengan tangan terbuka siapasaja yang datang berkunjung dan bersilaturahmi. Apalagi agama juga mengajarkan umatnya untuk terus bersilaturahmi.

Kemudian Mustafa mendoakan agar Wali Kota terus diberi kesehatan dan kekuatan sehingga arif serta amanah dalam menjalankan roda pemerintahan di Kota Medan.

“Saya juga mendoakan agar Kota Medan selalu dilindungi dan diberi keberkahan oleh Allah SWT, sehingga seluruh warganya hidup bahagian dan sejahtera.Di smaping iktu Kota Medan tetap aman dan kondusif serta terhindr dari bencana,” pungkas Mustafa.(wol/data2)

适适

Editor: SASTROY BANGUN

Check Also

Anak Menkum HAM Yasonna Laoly Akan Kembali Diperiksa KPK Pekan Depan

JAKARTA, Waspada.co.id – Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah mengatakan putra Menteri Hukum ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.